HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP NEGERI 74 JAKARTA

HUMAIRAH SALSALBILA, . (2022) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP NEGERI 74 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada kondisi pembelajaran jarak jauh, keadaan sosial ekonomi orang tua siswa berperan dalam menunjang sarana dan prasarana belajar yang dapat memudahkan dan membantu pihak sekolah untuk proses pembelajaran. Dengan peralatan dan perlengkapan belajar yang memadai, akan terciptanya kegiatan pembelajaran yang efektif. Hal itu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 74 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 178 peserta didik kelas VIII yang dipilih secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status sosial ekonomi memiliki hubungan dengan motivasi belajar dengan besar hubungan sebesar 44,7%. In distance learning conditions, the socio-economic conditions of parents play a role in supporting learning facilities and infrastructure that can facilitate and assist the school in the learning process. With adequate learning equipment and supplies, effective learning activities will be created. It can increase student’s learning motivation which will affect their learning achievement. This study aims to determine the relationship between parent's socio-economic status and student's learning motivation during distance learning at SMP Negeri 74 Jakarta. This research method uses a quantitative approach. The research sample was 178 class VIII students who were randomly selected. The data collection method in this study was in the form of a questionnaire. Data analysis was performed by simple linear regression analysis by testing the correlation coefficient hypothesis. The results of this study indicate that socioeconomic status has a relationship with learning motivation with a large relationship of 44.7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si 2. Nova Scorviana Herminasari, MA
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 13174 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2022 00:50
Last Modified: 02 Mar 2022 00:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22865

Actions (login required)

View Item View Item