PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05

SITI ASRIFAH, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (784kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran based learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraansis kelas V. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan rancangan desain treatment by level 2x2. Populasi target adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar negeri maupun swasta berjumlah 384 siswa dan sampel yang di dapat dalam penelitian ini berjumlah 63siswa dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model ekspositori. 2) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn teruji kebenarannya. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata lebih tinggi daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan memiliki gaya belajar auditori. 4) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata lebih rendah daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran ekspositori dan memiliki gaya belajar auditori. Kata Kunci: Problem Based Learning, PPKn, Gaya Belajar *********** ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of the based learning model and learning styles on learning outcomes of Pancasila education and class V. Citizenship. The method used was an experimental method with a 2x2 treatment by level design. The target population is all students of grade V public and private elementary schools totaling 384 students and the sample obtained in this study amounted to 63 students using simple random sampling. The results showed: 1) Student learning outcomes using the Problem Based Learning model were better than student learning outcomes taught using the expository model. 2) there is an interaction between the use of learning models and learning styles that have an effect on student learning outcomes in truth-tested PPKn subjects. 3) Student learning outcomes in PPKn subjects using Problem Based Learning learning models with visual learning styles have a higher average than student learning outcomes using Problem Based Learning learning models and have auditory learning styles. 4) Student learning outcomes in PPKn subjects that use expository learning models with visual learning styles have an average lower than student learning outcomes using expository learning models and have auditory learning styles.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Hj. Etin Solihatin, M,Pd. ; 2). Erry Utomo, M.Ed., P.hD
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 8817 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2022 06:57
Last Modified: 06 Jul 2022 02:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item