MODEL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN SHARF (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

DINDA PUSPITA, . (2022) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN SHARF (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire pada pembelajaran Sharf di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan yaitu, Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Peneliti membatasi langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini dalam tiga tahapan sebagai berikut: (1) Analyze (analisis), Analisis kebutuhan terhadap model media pembelajaran interaktif Lectora Inspire, peneliti membagikan instrumen kebutuhan dan melakukan wawancara kepada mahasiswa tingkat tiga dan mendapatkan respon dari 33 mahasiswa menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif Lectora Inspire ini dibutuhkan. (2) Design and Development (Perencanaan dan Pengembangan), dalam tahap perancangan dan pengembangan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire menyesuaikan dengan CPMK dan Sub�CPMK. (3) Kemudian, tahap terakhir adalah respon ahli dalam media pembelajaran interaktif Lectora Inspire yang dikembangkan, peneliti membagikan instrumen penilaian kepada ahli media dan ahli materi untuk proses penilaian produk.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, tingkat kelayakan Model Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire berdasarkan penilaian: 1) Ahli media diperoleh nilai 90 dari skala 80 - 100 dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli materi diperoleh nilai 73,3 dari skala 60 - 100 dalam kategori Layak. Dengan demikian, maka media pembelajaran interaktif Lectora Inspire layak untuk digunakan dalam pembelajaran Sharf di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. This study aims to develop Lectora Inspire interactive learning media in Sharf learning at the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta. The researcher uses a development research method that refers to the ADDIE development model developed by Dick and Carry (1996) which consists of several interrelated stages, namely, Analysis (analysis), Design (planning), Development (development), Implementation (application), Evaluation (evaluation). The researcher limits the method steps used in this study in three stages as follows: (1) Analyze (analysis), needs analysis of the Lectora Inspire interactive learning media model, researchers distribute needs instruments and conduct interviews to third-level students and get responses from 33 students stated that the Lectora Inspire interactive learning media was needed. (2) Design and Development (Planning and Development), in the design and development stage of Lectora Inspire interactive learning media adapting to CPMK and Sub-CPMK. (3) Then, the last stage is the response of experts in the interactive learning media Lectora Inspire which was developed, the researchers distributed assessment instruments to media experts and material experts for the product assessment process.Based on data analysis that has been carried out by researchers, the feasibility level of the Lectora Inspire Interactive Learning Media Model is based on the assessment: 1) Media experts obtained a score of 90 from a scale of 80 - 100 in the Very Eligible category, 2) Material experts obtained a score of 73,3 from a scale of 60 - 100 in the Eligible category. Thus, the interactive learning media Lectora Inspire is suitable for use in learning Sharf at the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muhammad Kamal, M.A. ; 2) Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 13713 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:27
Last Modified: 18 Jan 2024 00:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item