PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Jakarta Barat)

MAWARDI, . (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Jakarta Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan efektivitas produk model bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg & Gall yang dikombinasikan dengan langkah-langkah pengembangan pembelajaran Dick & Carey serta model Lee & Owens dengan modifikasi. Data penelitian diperoleh melalui tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 4,6 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk kepada siswa melalui uji coba kelompok kecil (small group try-out) menujukkan nilai rata-rata 3,37 (sangat baik), dan skor rata-rata penilaian pada uji kelompok besar (field group try-out) sebesar 3,5 (sangat baik). Uji efektifitas produk dilakukan melalui uji beda rata-rata (uji-t) dengan nilai thitung sebesar 2.527 > ttabel = 2,042 yang menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik dinilai layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan sumbangsi pemikiran dalam bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar khususnya dalam komponen media pembelajaran berbasis teknologi digital sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh seperti daring (pembelajaran online) maupun dalam bentuk hybrid learning. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Pendidikan Agama Islam, kurikulum 2013 ********* This study aims to analyze the feasibility and effectiveness of the product model of Islamic education teaching materials based on interactive multimedia with a scientific approach to fourth grade elementary school students in West Jakarta. The research method used is the research and development of the Borg & Gall model combined with the Dick & Carey learning development steps and the Lee & Owens model with modifications. Research data obtained through tests, interviews, questionnaires, and documentation. The results showed that based on the results of the product feasibility test by material experts, media experts, and linguists, an average score of 4.6 was obtained in the very good category. The results of product trials to students through small group try-outs showed an average value of 3.37 (very good), and the average score of assessment in the large group test (field group try-out) was 3 ,5 (very good). The product effectiveness test was carried out through an average difference test (t-test) with a tcount of 2,527 > ttable = 2,042 which showed that the learning outcomes of Islamic education teaching using interactive multimedia-based teaching materials increased. Thus it can be concluded that the product of Islamic education teaching materials based on Interactive Multimedia with a scientific approach is considered feasible and effective in improving student learning outcomes. This research provides a contribution of thought in the field of Islamic Education teaching in Elementary Schools, especially in the component of digital technologybased learning media so that it can be used in distance learning such as online (online learning) or in the form of hybrid learning.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Zulela M.S., M.Pd. ; 2). Prof.Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 13482 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2022 00:32
Last Modified: 01 Mar 2022 00:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item