Peningkatan Kemampuan Presentasi dalam Bahasa Jepang melalui Project Based Learning dalam Pembelajaran Kaiwa VI

IMROATUL MUFIDAH, . (2022) Peningkatan Kemampuan Presentasi dalam Bahasa Jepang melalui Project Based Learning dalam Pembelajaran Kaiwa VI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan presentasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta pada mata kuliah Kaiwa VI yang menggunakan metode pembelajaran secara konvensional dan yang menggunakan model Project Based Learning, untuk mengetahui peningkatan kemampuan presentasi mahasiswa yang mendapatkan Project Based Learning, juga untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran Kaiwa VI. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada mata kuliah Kaiwa VI, di antaranya: kurangnya kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan, serta mahasiswa kurang mampu memahami isi penelitian sehingga tidak maksimal dalam mempresentasikan hasil penelitian. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya proses literasi dan tidak adanya proses pengambilan data secara mandiri oleh mahasiswa karena selama ini mahasiswa hanya mempresentasikan hasil penelitian orang lain. Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Metode yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan bentuk penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Kaiwa VI yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapatkan model Project Based Learning mendapatkan peningkatan kemampuan presentasi lebih baik daripada mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis data posttest, kelompok eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi 5,6 poin dari kelompok kontrol. Tanggapan mahasiswa mengenai penerapan model Project Based Learning terbilang baik. This research aims to determine the presentation ability of Japanese Language Education students at the State University of Jakarta in Kaiwa VI lesson using conventional learning methods and Project Based Learning models, to determine the improvement in presentation skills of students who receive Project Based Learning, as well as to determine student responses on the application of the Project Based Learning model in Kaiwa VI lesson. This is motivated by the problems found in the Kaiwa VI lesson, including: the lack of student's ability to think critically in solving a problem, and students are less able to understand the content of research so that they are not optimal in presenting the research results. This is influenced by the lack of a literacy process and the lack of an independent data collection process by students because so far students have only presented the results of other people's research. Project Based Learning is a student-centered learning model to conduct a deep investigation of a topic. The method used is True Experimental Design in the form of Posttest Only Control Group Design research. The sample in this research were students who took Kaiwa VI lesson which were divided into experimental groups and control groups. The results showed that students who received the Project Based Learning model got an increase in presentation skills better than students who received conventional learning. This is shown in the results of the posttest data analysis, the experimental group has an average of 5.6 points higher than the control group. Student responses regarding the implementation of the Project Based Learning model are quite good

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. 2). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 13645 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:03
Last Modified: 17 May 2022 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item