PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK BERKARAKTER WIRAUSAHA

TRIANA ARIF SUHARTI, . (2022) PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK BERKARAKTER WIRAUSAHA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Pendidikan Kewirausahaan Menciptakan Peserta Didik Berkarakter Wirausaha. Penulisan penelitian ini memiliki tiga tujuan, Pertama untuk mendeskripsikan latar belakang sosialisasi nilai wirausaha pada peserta didik. Kedua, mendeskripsikan cara atau metode yang digunakan pendidik dan pemegang kepentingan dalam melakukan sosialisasi nilai wirausaha. Ketiga, mendeskripsikan dampak dari sosialisasi nilai kewirausahaan terhadap pembentukan karakter wirausaha peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data pada penelitian ini didapat melalui proses wawancara oleh informan, observasi lapangan, dan membaca studi literatur sejenis. Lokasi penelitian ini berada di SMAN 106 Jakarta dengan informan penelitiannya sebanyak delapan orang diantaranya tiga peserta didik kelas X, tiga peserta didik kelas XI, dan dua peserta didik kelas XII, serta satu pendidik yang mengajar mata pelajaran kewirausahaan. Selain informan di atas untuk memperkuat data yang diperoleh, penulis mewawancarai wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan dua guru bimbingan konseling sebagai triangulasi data. Penelitian dilakukan sejak 15 maret sampai 16 agustus 2021 pada saat pandemi berlangsung sehingga model pembelajaran jarak jauh yang digunakan pada proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMAN 106 Jakarta menunjukkan bahwa mata pelajaran PKWU dapat menimbulkan motivasi berwirausaha, menambah keterampilan, dan wawasan berwirausaha melalui kegiatan praktik seperti membuat produk dan berjualan saat event atau mandiri. Hasil wawancara pada delapan informan menunjukkan bahwa tujuh dari delapan informan merasa termotivasi untuk membuka usaha bahkan empat orang dari informan sudah membuka usahanya dan menerapkan ilmu dari pembelajaran PKWU untuk mendorong kesuksesan usahanya. Sedangkan peserta didik lainnya seperti dua orang yang lain sudah memikirkan akan mendirikan usaha, dan dua orang lainnya ingin fokus pada sekolah terlebih dahulu. Mata pelajaran PKWU memberikan dampak bagi kehidupan peserta didik di SMAN 106 Jakarta untuk dapat beradaptasi di kehidupan masyarakat. This research is entitled “Entrepreneurship Education Creating Entrepreneurial Character Students”. The writing of this research has three objectives, first to describe the background of the socialization of entrepreneurial values to students. Second, describe the methods or methods used by educators and stakeholders in socializing entrepreneurial values. Third, describe the impact of the socialization of entrepreneurial values on the formation of the entrepreneurial character of students. The method used in this research is qualitative. The data in this study were obtained through an interview process by informants, field observations, and reading similar literature studies. The location of this research is at SMAN 106 Jakarta with eight research informants including three students of class X, three students of class XI, and two students of class XII, as well as one educator who teaches entrepreneurship subjects. In addition to the above informants to strengthen the data obtained, the authors interviewed the vice principal of the curriculum field and two teachers of counseling as a triangulation of data. The research was conducted from March 15 to August 16, 2021, when the pandemic took place so that the distance learning model used in the learning process took place. Based on research conducted at SMAN 106 Jakarta, it shows that PKWU subjects can lead to entrepreneurial motivation, increase skills, and entrepreneurial insight through practical activities such as making products and selling at events or independently. The results of interviews with eight informants showed that seven out of eight informants felt motivated to open a business, even four of the informants had opened a business and applied knowledge from PKWU learning to encourage business success. Meanwhile, other students, such as two others, have already thought about starting a business, and two others want to focus on school first. PKWU subjects have an impact on the lives of students at SMAN 106 Jakarta to be able to adapt in people's lives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Umar Baihaqi, M. Si. 2). Prima Yustitia Nurul Islami,S.KPm, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 13538 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2022 12:35
Last Modified: 06 Mar 2022 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item