PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KUALITAS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA

ANISSA MAUDINA, . (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KUALITAS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah pengangguran yang selalu meningkat setiap tahunnya, khususnya pada lulusan sekolah menengah atas. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menjadi wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan kualitas pembelajaran kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 35 Jakarta dan SMAN 7 Jakarta yang berjumlah 454 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 212 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Literasi Digital dan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Siswa. Tingkat literasi digital yaitu tingkat sangat tinggi, sementara tingkat kualitas pembelajaran kewirausahaan yaitu tingkat sedang dan tingkat intensi berwirausaha yaitu sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa di era digital seperti saat ini kebutuhan akan kemampuan literasi digital sangat dibutuhkan untuk menunjang intensi siswa dalam memulai berwirausaha begitu juga didukung dengan kualitas pembelajaran yang baik agar siswa mempunyai wadah untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan berwirausaha. Kata Kunci: Literasi Digital, Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan, Intensi Berwirausaha Siswa The number of unemployed is always increasing every year, especially in high school graduates. One way to overcome this is to become an entrepreneur. This study aims to determine the effect of digital literacy and the quality of entrepreneurship learning on students' entrepreneurial intentions. The research population is class XI students in the 2020/2021 academic year at SMAN 35 Jakarta and SMAN 7 Jakarta, totally 454 students. Sampling was carried out using the Slovin formula with a total sample of 212 students. Data collection techniques using questionnaires and data analysis techniques using descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis with the help of the IBM SPSS 25.0 program. The results showed that there was a positive and significant influence between Digital Literacy and Quality of Entrepreneurship Learning on Students' Entrepreneurial Intentions. The level of digital literacy is very high, while the level of quality of entrepreneurship learning is medium and the level of entrepreneurial intention is very high. It can be concluded that in the current digital era, the need for digital literacy skills is needed to support students' intentions in starting entrepreneurship as well. Keywords: Digital Literacy, Quality of Entrepreneurship Education, Student’s Entrepreneurial Intention

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd ; 2). Aditya Pratama, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 13833 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:06
Last Modified: 02 Mar 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item View Item