MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI DINAMIKA ROTASI SMA KELAS X

IQBAL NURKHOLIS, . (2022) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI DINAMIKA ROTASI SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun belakang ini, berbagai kegiatan harus dilakukan secara daring termasuk pembelajaran. Website menjadi media yang mampu memberikan akses bagi pengguna melalui perangkat apa saja dan di manapun berada. Hal tersebut membuat website memiliki jangkauan akses yang luas. Penggunaan multimedia didalam website mampu membantu siswa dalam menguasai konsep yang diberikan. Mata pelajaran Fisika khususnya pada materi dinamika rotasi menjadi materi yang sulit dimengerti siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis website pada materi dinamika rotasi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa memperoleh informasi. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode penelitian FODEM (Formative Development Method). Instrumen penelitian yang digunakan ialah angket dengan menggunakan skala Guttman. Media pembelajaran berbasis website ini telah melalui tahap uji kelayakan dengan hasil uji kelayakan sebesar 92.8% untuk materi, 87.5% untuk media, dan 95% untuk pembelajaran. Uji coba penggunaan media pembelajaran berbasis website ini dilakukan terhadap peserta didik kelas XI dan XII MIPA di SMA Negeri 109 Jakarta dengan memperoleh persentase penilaian sebesar 97.79%. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis website ini dikatakan sebagai media yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi dinamika rotasi di SMA kelas XI. --- In recent years, various activities have to be carried out online, including learning. The website is a media that is able to provide access for users through any device and wherever they are. This makes the website has a wide range of access. The use of multimedia on the website can help students master the concepts given. Physics subjects, especially in rotational dynamics material, are difficult for students to understand. Therefore, a research was conducted with the aim of producing a website-based learning media on rotational dynamics that is suitable for use as a learning media that can help students obtain information. This research was conducted by applying the FODEM (Formative Development Method) research method. The research instrument used is a questionnaire using the Guttman scale. This website-based learning media has gone through the feasibility test phase with a feasibility result of 92.8% for material, 87.5% for media, and 95% for learning. The trial using the website-based learning media was conducted on students of class XI and XII of MIPA at SMA Negeri 109 Jakarta by obtaining an assessment percentage of 97.79%. Based on these results, it was concluded that the Websitebased Learning Media is said to be a suitable instructional to be used in learning rotational dynamics in 11th grade of Senior High School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. rer. nat. Bambang Heru I, M.Si..; 2). Lari Andres Sanjaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 13582 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:43
Last Modified: 04 Mar 2022 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item View Item