HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS NEUROSAINS TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK SECARA MENYELURUH

GEMMA GALGANI MARCELLINA, . (2022) HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS NEUROSAINS TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK SECARA MENYELURUH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan jasmani berbasis neurosains terhadap perkembangan anak secara meneyeluruh di sekolah SD Labschool Cibubur. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas III di SD Labschool Cibubur yang berjumlah 72 siswa. Penelitian ini menggunakan bantuan software IBM SPSS V. 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bentuk hubungan antara pendidikan jasmani berbasis neurosains terhadap perkembangan anak secara menyeluruh (kognitif, afektif, psikomotor) memiliki persamaan regresi Ý = 1,611 + 0,490X yang dapat dimaknai setiap kenaikan satu skor pada pendidikan jasmani berbasis neurosains akan mempengaruhi perkembangan anak 0,49. Hubungan antara pendidikan jasmani berbasis neurosains dengan perkembangan anak memiliki nilai korelasi 0,987, maka keeratan hubungan antara pendidikan jasmani berbasis neurosains dengan perkembangan anak tergolong kuat berdasarkan pengujian signifikasi korelasi antara variabel tersebut diperoleh thitung yang lebih besar dari tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan jasmani berbasis neurosains dengan perkembangan anak. Besarnya pengaruh variabel pendidikan jasmani berbasis neurosains dengan perkembangan anak dapat diketahui dengan melihat hasil perhitungan uji koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 98,7%. Hal ini berarti bahwa, tingkat perkembangan anak setelah diberikan pembelajaran pendidikan jasmani berbasis neurosains adalah sebesar 0,987 atau 98,7% maka itu sisa sebesar 1,3% dipengaruhi oleh faktor variabel lainnya di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan jasmani berbasis neurosains terhadap perkembangan siswa kelas III SD Labschool. Kata Kunci: Pendidikan Jasmani Berbasis Neurosains, Perkembangan Anak This study aims to determine how much influence neuroscience-based physical education learning has on overall child development at Cibubur Labschool Elementary School. This research was conducted by survey research method. The population in this study were third grade students at SD Labschool Cibubur, totaling 72 students. This research help by IBM SPSS V.25 Software. Based on the results of the study, it was found that the form of the relationship between neuroscience-based physical education on child development as a whole (cognitive, affective, psychomotor) has a regression equation = 1.611 + 0.490X which can be interpreted that every increase in one score in neuroscience-based physical education will affect children's development. of 0.49. The relationship between neuroscience-based physical education and child development has a correlation value of 0.987, so the relationship between neuroscience-based physical education and child development is strong. between neuroscience-based physical education and child development. The magnitude of the influence of neuroscience-based physical education variables on child development can be seen by looking at the results of calculating the coefficient of determination test obtained by 98.7%. This means that the level of child development after being given neuroscience-based physical education learning is 0.987 or 98.7%, therefore the rest which is 1.3% is influenced by other factors or variables outside of this study. Based on these results, can be concluded that there is a significant influence between neuroscience-based physical education on the development of third grade students at SD Labschool. Keywords: Neuroscience-Based Physical Education, Child Development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yusmawati, M.Pd 2). Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 13667 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 05:49
Last Modified: 04 Mar 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23231

Actions (login required)

View Item View Item