ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

MISKA ZIDNA ILMANA, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui flipped classroom dengan pemanfaatan aplikasi powtoon pada materi hidrolisis garam. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 53 Jakarta dengan 36 peserta didik kelas XI sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis, reflektif jurnal, dan wawancara. Flipped classroom merupakan model pembelajaran dimana peserta didik ketika di rumah atau di luar kelas belajar secara mandiri melalui video pembelajaran yang dapat diakses secara online atau bahan ajar lain. Lalu peserta didik ketika di sekolah atau di dalam kelas melakukan kegiatan seperti membahas materi yang telah dipelajari, menyelesaikan masalah, berdiskusi terkait dengan materi yang belum dipahami, dan mengerjakan tugas. Hasil penelitian pada indikator kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa 50% peserta didik telah mencapai level sangat baik pada identifikasi masalah, 47,22% peserta didik mencapai level cukup baik pada pemahaman konseptual, 44,44% peserta didik mencapai level bbaik pada menghubungkan gagasan, 47,22% peserta didik mencapai level baik pada berasumsi, dan 52,78% peserta didik telah mencapai level sangat baik pada menyimpulkan. Penerapan model pembelajaran flipped classroom memudahkan peserta didik untuk memahami materi baik di dalam maupun di luar kelas, bertukar pendapat dengan peserta didik lain, lebih aktif dalam pembelajaran, lebih kritis dalam pembelajaran, dan mengerjakan tugas. ****** This study aims to determine students’ critical thinking skills by applying flipped classrooms using the powtoon application on salt hydrolysis material. The research was conducted at SMA Negeri 53 Jakarta with qualitative methods, they are observation sheets, critical thinking skills tests, journals reflective, and interviews. Flipped classroom is a learning model where students independently study at home or out the classroom using videos that can be accessed online or other teaching materials. Furthermore, the students when at school or in class during various activities such as examining the lessons which have been learned, solving problems, discussing material that has not been understood, and doing some assignments. The results of the study on indicators of critical thinking skills showed that 50% of students achieved a very good level of problem identification, 47,22% of students achieved a fairly good level of conseptual understanding, 44,44% of students reached a good level of connecting ideas, 47,22% of students reached a good level of assumption, and 52,78% of students reached a very good level in concluding. The application of the flipped classroom learning model makes it easier for the students to understand the material both inside and outside the classroom. It also helps themto be more active, more critical in the learning process like exchange opinions with others, and in doing assignments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Elsa Vera Nanda, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 13965 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:06
Last Modified: 04 Mar 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23298

Actions (login required)

View Item View Item