PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MELALUI METODE BERNYANYI (PENELITIAN TINDAKAN DI SMK MUHAMMADIYAH 6 JAKARTA)

AHMAD FARIDZ RIZQY, . (2022) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MELALUI METODE BERNYANYI (PENELITIAN TINDAKAN DI SMK MUHAMMADIYAH 6 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERISTAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ahmad Faridz Rizqy, Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Dengan Metode Bernyanyi (Penelitian Tindakan di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta). Skripsi. Jakarta : Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2021. Adapun penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta pada bulan Maret – April 2021, dan pada bulan Mei – Juli 2021 peneliti melakukan olah data terhadap hasil penelitian yang sudah dilakukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa arab siswa di kelas 11 SMK Muhammadiyah 6 Jakarta melalui metode bernyanyi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI AKL di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta Timur yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Tahapan pengukuran penguasaan kosakata Arab siswa dilaksanakan diawal dan diakhir kegiatan penelitian dengan memberikan pretest, siklus pertama dan siklus kedua. Berdasarkan hasil observasil awal, kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode bernyanyi yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas XI di SMK Muhammdiyah 6 Jakarta Timur. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan data yang bersifat angka dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pada pretest hanya 9 siswa (27,2%) yang berhasil mendapatkan nilai melebihi KKM (75) dan nilai rata-rata penguasaan kosa kata Bahasa Arab adalah 64,69. Pada siklus pertama 23 siswa (69,6%) yang berhasil mendapatkan nilai melebihi KKM dan nilai rata-rata penguasaan kosa kata Bahasa Arab adalah 76,36. Dan pada siklus kedua 33 siswa (100%) yang berhasil mendapatkan nilai melebihi KKM dan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Arab meningkat menjadi 92,87. Sehingga peningkatan nilai rata-rata antara pretest dan siklus pertama adalah 11,67 dan peningkatan nilai rata-rata pada siklus pertama dengan sikus kedua adalah 16,51. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi yang diterapkan dalam belajar dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab siswa. Implikasi hasil penelitian diatas diketahui bahwa metode bernyanyi mempunyai dampak untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa-siswi kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Dengan demikian, metode bernyanyi ini dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab, sehingga siswa-siswi termotivasi dan lebih mudah dalam belajar. Kata kunci: Metode Bernyanyi; Kosakata Bahasa Arab; Peningkatan Ahmad Faridz Rizqy, Improving Students' Mastery on Arabic Vocabulary Using the Singing Method (Class Action Research at SMK Muhammadiyah 6 Jakarta). Thesis. Jakarta: Arabic Language Education. Faculty ofLanguage and Arts, Jakarta State University, July 2021. The research was conducted at SMK Muhammadiyah 6 Jakarta in March - April 2021, and in May - July 2021 the researcher processed the data on the results of the research that had been carried out. The purpose of this study was to determine the increase in Arabic vocabulary skills of students in grade 11. SMK Muhammadiyah 6 Jakarta through singing method. The research method used was classroom action research (PTK). This Classroom Action Research was conducted using the Kemmis and Taggart cycle model. This classroom action research was conducted in four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The subjects of this classroom action research were 33 students of class XI AKL at SMK Muhammadiyah 6 East Jakarta, consisting of 12 male students and 21 female students. The stages of measuring students' mastery of Arabic vocabulary were carried out at the beginning and at the end of the research activity by giving a pretest, first cycle and second cycle. Based on the results of initial observations, the vocabulary mastery of class XI students at SMK Muhammadiyah 6 Jakarta has not reached the specified KKM, which is 75. This class action research uses singing method which is expected to improve vocabulary mastery of class XI students at SMK Muhammdiyah 6 East Jakarta. The data collection techniques in this study used tests, observations, interviews and documentation. Qualitative data were analyzed using qualitative descriptive and numerical data were analyzed using quantitative analysis. Based on the research results obtained, in the pretest only 9 students (27.2%) managed to get a score exceeding the KKM (75) and the average score of Arabic vocabulary mastery was 64.69. In the first cycle 23 students (69.6%) managed to get a score exceeding the KKM and the average score of Arabic vocabulary mastery was 76.36. And in the second cycle 33 students (100%) who managed to get a value exceeding the KKM and the average value of learning Arabic learning outcomes increased to 92,87. So that the increase in the average value between the pretest and the first cycle is 11.67 and the increase in the average value in the first cycle with the second cycle is 16.51. The results of this study indicate that the singing method that is applied in learning has an effect on increasing students' Arabic vocabulary mastery. The implication of the research results above is that singing method has an impact on increasing Arabic vocabulary mastery of class XI students of SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Thus, this singing method can be used as a learning method to improve Arabic vocabulary mastery, so that students are motivated and easier to learn. Keywords: Singing Method; Arabic Vocabulary; Improving

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hendrawanto, M.Pd., M.A. 2). Andri Ilham, S.S., MA.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 13751 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:08
Last Modified: 02 Nov 2022 01:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23334

Actions (login required)

View Item View Item