PEMBELAJARAN TARI MELINTING DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

AGNES AGUSTINI, . (2022) PEMBELAJARAN TARI MELINTING DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini tentang pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi dan metode drill pada pada kegiatan ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur. Tujuannya untuk mendeskripsikan proses interaksi pembelajaran tari Melinting yang telah dilaksanakan, karena adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan metode demontrasi dan drill dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metodologi kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta studi pustaka. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemudian data diuji kredibilitasnya menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demontrasi dan metode drill dalam pembelajaran Tari Melinting pada kegiatan ektrakurikuler Tari di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur memiliki kelebihan dapat mengkondisikan interaksi antara guru dengan siswa. Pencapaian tujuan pembelajaran adanya guru yang berperan dominan dalam pembelajaran. Namun, memiliki kelemahan kurang dapat mengoptimalkan interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar. This research is abouth education with demonstration and drill methods of extracurricular activities. The purpose of this research is for describe education interaction process of melinting's dance. This research happened because there are advantages and disadvantages in using demontration and drill methods. This research conducted with qulitative methology and data collection by using observation, interview, and literature review. Data is analyzed through the process of data reduction, data persentation, and verification. Then, data is tested for it is credibility by using triangulation method. The result show how the demontration and drill methods in melinting's dance for extracurricular acrivities in high school and has advantage for teacher and student interaction. The result also for education, because teacher plays a role in education. But, it also has weakness in optmizing interaction between teacher and student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr.Deden Haerudin, S.Sn., M.Sn. 2. Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 13812 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:43
Last Modified: 09 Mar 2022 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item