AMANDA ZAHRA ZULFITMAN, . (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (PENELITIAN TINDAKAN KELAS X DI MAN 20 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
Abstract
Amanda Zahra Zulfitman, Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Tindakan Kelas X di MAN 20 Jakarta). Skripsi. Jakarta : Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan menulis melalui media gambar siswa kelas X MIPA di MAN 20 Jakarta, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif setelah dilakukannya tindakan tersebut. Adapun penelitian ini dilaksanakan di MAN 20 Jakarta pada bulan Maret – April 2021, dan pada bulan Mei – Juli 2021 peneliti melakukan olah data terhadap hasil penelitian yang sudah dilakukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), observasi (observ), dan refleksi (reflect). Subjek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X MIPA-2 di MAN 20 Jakarta Timur yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Tahapan keterampilan menulis Bahasa Arab siswa dilaksanakan diawal dan diakhir kegiatan penelitian dengan memberikan pretest, siklus pertama dan siklus kedua. Berdasarkan hasil observasil awal, keterampilan menulis siswa kelas X MAN 20 Jakarta belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan media gambar yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di MAN 20 Jakarta Timur. Pembelajaran tersebut terdiri dari tiga tahapan; Pertama, kegiatan pendahuluan yang didalamnya meliputi pemberian motivasi, pre test, dan acuan. Kedua, pembentukan kelompok, mengerjakan tugas secara berkelompok kemudian mempresentasikannya. Ketiga, kegiatan penutup yaitu siswa mengerjakan post test dan diakhiri dengan salam. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan data yang bersifat angka dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pada pretest hanya 6 siswa (24%) yang berhasil mendapatkan nilai melebihi KKM (75) dan nilai rata-rata keterampilan menulis mereka adalah 67,36. Pada siklus pertama 13 siswa (52%) yang berhasil mendapatkan nilai melebihi KKM dan nilai rata-rata keterampilan menulis Bahasa Arab adalah 71,68. Dan pada siklus kedua 25 siswa (100%) yang berhasil mendapatkan nilai melebihi KKM dan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Arab meningkat menjadi 90,96. Sehingga peningkatan nilai rata-rata antara pretest dan siklus pertama adalah 4,32 dan peningkatan nilai rata-rata pada siklus pertama dengan sikus kedua adalah 19,28. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar yang diterapkan dalam belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab siswa. Implikasi hasil penelitian diatas diketahui bahwa media gambar mempunyai dampak untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab siswa-siswi kelas X MAN20 Jakarta. Dengan demikian, media gambar ini dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab, sehingga siswa-siswi termotivasi dan lebih mudah dalam belajar. Amanda Zahra Zulfitman, Improving Writing Skills Through Picture Media in Arabic Learning (Action Research Class X at MAN 20 Jakarta).Thesis. Jakarta: Arabic Language Education. Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University, July 2021. This study aims to determine and describe the implementation of Arabic learning in writing skills through the media of pictures of students of class X MIPA at MAN 20 Jakarta, as well as knowing the increase in student learning outcomes in the cognitive domain after the action. This research was carried out at MAN 20 Jakarta in March - April 2021, and in May - July 2021 the researchers conducted data processing on the results of the research that had been done. The research method used is Classroom Action Research (CAR)that is an observation of learning activities in the form of an action that is deliberately raised and occurs in a class simultaneously. This Classroom Action Research was carried out using the Kemmis and Taggart cycle model. This classroom action research was conducted through four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The subjects of this classroom action research were students of class X MIPA-2 at MAN 20 East Jakarta, totaling 25 students, consisting of 5 male students and 20 female students. The stages of students' Arabic writing skills were carried out at the beginning and at the end of the research activity by giving a pretest, the first cycle and the second cycle. Based on the results of initial observations, the writing skills of class X students of MAN 20 Jakarta have not reached the specified KKM of 75. This classroom action research uses picture media which is expected to improve the writing skills of class X students at MAN 20 East Jakarta.The learning consists of three stages; First, preliminary activities which include giving motivation, pre-test, and references. Second, group formation, working on tasks in groups and then presenting them. Third, the closing activity is that students do the post test and end with greetings. The data collection techniques in this study used tests, observations, interviews and documentation. Qualitative data were analyzed using qualitative descriptive and numerical data were analyzed using quantitative analysis. Based on the research results obtained, in the pretest only 6 students (24%) who managed to get a score exceeding the KKM (75) and the average score of their writing skills was 67.36. In the first cycle 13 students (52%) who managed to get a score exceeding the KKM and the average score of Arabic writing skills was 71.68. And in the second cycle 25 students (100%) who managed to get a score exceeding the KKM and the average score of Arabic learning outcomes increased to 90,96. So that the increase in the average value between the pretest and the first cycle is 4.32 and the increase in the average value in the first cycle with the second cycle is 19,28. The results of this study indicate that the image media applied in learning is improving students' Arabic writing skills. The implication of the results of the research above is that image media has an impact on improving the Arabic writing skills of the tenth grade students of MAN 20 Jakarta. Thus, this image media can be used as a learning method to improve Arabic writing skills, so that students are motivated and find it easier to learn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, MA. 2). Drs. Romdani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 13753 not found. |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:11 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 01:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23337 |
Actions (login required)
View Item |