RHETORISCHE FIGUREN DALAM SCHLAGZEILE IKLAN COKLAT “RITTER SPORT” TAHUN 2017-2019

AMALYA RAMADHANI, . (2022) RHETORISCHE FIGUREN DALAM SCHLAGZEILE IKLAN COKLAT “RITTER SPORT” TAHUN 2017-2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis rhetorische Figuren yang terdapat dalam Schlagzeile iklan coklat “Ritter Sport” tahun 2017-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik studi pustaka. Kriteria analisis yang digunakan merujuk pada teori Nina Janich yang mengklasifikasi rhetorsiche Figuren menjadi 30 jenis rhetorische Figuren. Sumber data penelitian ini adalah iklan-iklan produk coklat “Ritter Sport” yang merupakan 10 besar iklan dengan perolehan vote tertinggi pada Plakatvoting di tahun 2017, 2018 dan 2019 yang berjumlah 30 iklan. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa atau kalimat pada Schlagzeile iklan coklat “Ritter Sport” tahun 2017-2019 yang mengandung rhetorische Figuren. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 30 jenis rhetorische Figuren menurut Janich, terdapat 13 jenis rhetorische Figuren yang digunakan dalam 30 iklan coklat Ritter Sport. Rhetorische Figuren yang digunakan pada iklan coklat Ritter Sport, yaitu 8 Hyperbel sebagai jenis rhetorische Figuren yang paling banyak digunakan dalam iklan coklat Ritter Sport, berikutnya 5 Ellipse, 5 Metapher, 3 Endreim, 2 Ausruf, 2 Metonymie, 2 Entkonkretisierung, 2 Synekdoche, selanjutnya yang paling sedikit digunakan adalah 1 Anthithese, 1 Anapher, 1 Apostrophe, 1 Anastrophe dan 1 Epipher. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Hyperbel merupakan jenis rhetorische Figuren yang paling banyak digunakan dalam iklan Ritter Sport tahun 2017-2019. Iklan coklat Ritter Sport ingin menggambarkan bahwa produk coklat Ritter Sport dapat melampaui rasa coklat manapun, sehingga Hyperbel yang merupakan ungkapan yang melebih-lebihkan sesuatu lebih banyak digunakan pada Schlagzeile iklan ini untuk membuat iklan lebih persuasif dan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Abstract: The study aims to identify the type of rhetorische Figuren contained in chocolate advertisement headlines of "Ritter Sport" in 2017-2019. This research is a qualitative research with literature study techniques. The analytical criteria used refer to Nina Janich's theory which classifies rhetorische Figuren into 30 types of rhetorische Figures. The data sources in this research are the "Ritter Sport" chocolate advertisements, which are among the top 10 advertisements with the highest vote acquisition on Plakatvoting (poster competition) in years 2017, 2018 and 2019, which totaled 30 advertisements. The data in this research are words, phrases, sentences in headlines of chocolate advertisements "Ritter Sport", which contain rhetorical figures. The results of this research showed that of 30 types of rhetorische Figuren according to Janich, there were 13 types of rhetorische Figuren used in 30 Ritter Sport chocolate ads. Rhetorische Figuren used in Ritter Sport chocolate ads headlines, namely 8 Hyperbel as the type of rhetorische Figuren most widely used in Ritter Sport chocolate ads headlines, next 5 Ellipse, 5 Metapher, 3 Endreim, 2 Ausruf, 2 Metonymie, 2 Entkonkretisierung, 2 Synekdoche, then the least used in Ritter Sport ads headlines are 1 Anthithese, 1 Anapher, 1 Apostrophe, 1 Anastrophe dan 1 Epipher. Based on the results of this research, it can be concluded that Hyperbel is the type of Rhetorische Figuren that is the most frequently used in headlines of chocolate advertisements "Ritter Sport" from 2017 to 2019. Ritter Sport chocolate advertising wants to describe that Ritter Sport chocolate products can go beyond any chocolate taste. So, Hyperbel which is an expression that exaggerates something is frequently used in this advertisement to make advertisements more persuasive and to persuade consumers to buy the products offered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Kurniasih RH, M.A 2). Dr. Ellychristina D. Hutubessy, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 13847 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 10:06
Last Modified: 04 Mar 2022 10:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item