HUBUNGAN LITERASI EKOLOGI DENGAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMA DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

DWI SUKMA ARDYANTI, . (2022) HUBUNGAN LITERASI EKOLOGI DENGAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMA DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Literasi ekologi merupakan pemahaman seseorang sesuai dengan prinsip-prinsip ekologi mengenai lingkungan dan bertindak menyelesaikan permasalahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar. Literasi ekologi dapat meningkatkan kesadaran lingkungan peserta didik melalui pemahaman terkait keadaan lingkungan sekitar yang memunculkan tindakan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi ekologi dengan kesadaran lingkungan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 59 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 114 dipilih secara simple random sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kategori nilai literasi ekologi peserta didik SMA adalah buta ekologi dengan perolehan rata – rata nilai 67. Kategori nilai kesadaran lingkungan adalah sangat baik dengan perolehan rata – rata nilai 77. Berdasarkan analisis hipotesis, literasi ekologi dengan kesadaran lingkungan memiliki koefisien korelasi sebesar 0,458. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi ekologi memiliki hubungan pada kategori sedang berdasarkan tingkat korelasi dengan kesadaran lingkungan peserta didik SMA pada masa pandemi COVID-19. ********** Ecological literacy is a person's understanding in accordance with ecological principles regarding the environment and acting to solve environmental problems that occur in the surrounding environment. Ecology literacy can increase students’ environmant awareness through taking care of and conserving organisms. The aim for this study is to determine the relationship of ecology literacy with students’ environment awareness during the COVID-19 pandemic period. This study was commenced in SMA Negeri 59 Jakarta in odd semester in the school year 2021/2022. The method used in this study is quantitative descriptive using correlational study. The sample used was 114 and was chosen using simple random sampling. The results of this study proved that the category of high school students’ ecology literacy is illiterate with an average of 67. The category of environment awareness is very good with an average of 77. According to hypothetical analysis, ecology literacy and environment awareness has coefficiency as big as 0,458. The conclusion of this study is that ecology literacy has positive relationship categorized as moderate based on a level of correlation with high school students’ environment awareness during COVID-19 pandemic period.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. ; 2). Erna Heryanti, S.Hut, M.Si.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13378 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:23
Last Modified: 14 Mar 2022 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23457

Actions (login required)

View Item View Item