PENGARUH TEKNIK SELF-INSTRUCTIONAL DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Penelitian Subjek Tunggal Siswa Kelas V SDN Utan Kayu Utara 01)

IMAS ARSHY GUSTIA, . (2018) PENGARUH TEKNIK SELF-INSTRUCTIONAL DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Penelitian Subjek Tunggal Siswa Kelas V SDN Utan Kayu Utara 01). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (186kB)
[img] Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (537kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
16. Daftar Lampiran Data.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-instructional dalam layanan konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian subjek tunggal dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini, seorang siswi perempuan kelas V SDN Utan Kayu Utara 01, dengan tingkat percaya diri rendah yang diperoleh berdasarkan hasil pengisian angket percaya diri pada studi pendahuluan, wawancara dan observasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan cara analisis dalam kondisi pada kondisi baseline (A) dan kondisi intervensi (B) serta dilakukan analisis antar kondisi baseline (A) dengan kondisi intervensi (B). Kemudian hasil analisis tersebut divisualisasikan ke dalam grafik. Secara umum, teknik self-instructional dapat meningkatkan percaya diri subjek. Skor rata-rata percaya diri konseli sebelum diberikan intervensi adalah 45,5 (berada pada kategori rendah) kemudian meningkat menjadi 63,2 (berada pada kategori sedang) setelah diberikan intervensi. Peningkatan terjadi khususnya pada indikator percaya diri yakni komunikasi dan ketegasan. Sedangkan pada indikator penampilan diri dan pengendalian perasaan, peningkatan skor tidak terlalu besar. Pada kondisi intervensi, terjadi fluktuasi skor yang diperoleh subjek selama proses penerapan teknik self-instructional dalam konseling yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Sjenny A Indrawati, Ed.D 2) Dr.Wirda Hanim, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Dec 2019 09:49
Last Modified: 17 Dec 2019 09:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item