REALISME DALAM CERITA PENDEK LE VAGABOND DAN LE PAPA DE SIMON KARYA GUY DE MAUPASSANT

KARTIKA DWI RACHMAH, . (2022) REALISME DALAM CERITA PENDEK LE VAGABOND DAN LE PAPA DE SIMON KARYA GUY DE MAUPASSANT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang realisme dalam cerita pendek Le Vagabond dan Le Papa de Simon karya Guy de Maupassant dan keterkaitannya dengan pendidikan dan pembelajaran bahasa Prancis di Universitas Negeri Jakarta. Kategori unsur realisme dalam penelitian ini mengacu pada teori realisme Fisher yang menyatakan bahwa realisme didasarkan pada empat unsur-unsur realisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis struktural-semiotik. Analisis dilakukan dengan terlebih dahulu menjelaskan setiap unsur-unsur cerita pendek yaitu alur, penokohan dan latar. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi dan menginterpretasikan data yang mengandung unsur realisme berupa kutipan yang meliputi kata, kalimat, makna dan konteks dalam sumber data. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan tabel analisis data yang memuat empat unsur realisme. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya 31 data dalam cerita pendek Le Vagabond yang menunjukkan unsur realisme. Diketahui secara rinci bahwa 31 data tersebut memuat 16 kutipan yang mengandung unsur penderitaan, 4 kutipan yang memuat unsur kemiskinan, 6 kutipan mengandung unsur kelaparan dan 5 kutipan mengandung unsur permusuhan. Sedangkan, dalam cerita pendek Le Papa de Simon terdapat 28 data yang mencerminkan unsur realisme. Terdapat 13 kutipan yang menunjukkan penderitaan, 1 kutipan yang mengandung unsur kemiskinan dan terakhir 14 kutipan yang mengandung unsur permusuhan. The purpose of this study is to gain comprehension of realism in the short stories Le Vagabond and Le Papa de Simon by Guy de Maupassant and its relation to French Language Education. The category of elements of realism in this study refers to four aspects of realism based on elements that is stated by Fisher. The method used in this study is a descriptive qualitative method with a semiotic-structural approach. The analysis is carried out by first explaining intrinsic elements of the short story such as plot, characters and setting. The next step is to identify and interpret data that contains elements of realism in the form of citations of words, phrares, sentences, with meanings and contexts contained in the short story. The instrument used in this study was from the researcher himself using a data analysis table containing four elements of realism. The results of this study indicate that there are 31 datas in the short story of Le Vagabond that reflect the element of realism. Among 31 citations of words, phrases, sentences, with meanings and contexts, specifically found as many as 16 citations containing elements of suffering, 4 citations containing elements of poverty, 6 quotes containing elements of hunger and 5 quotes containing elements of hostility. Meanwhile, in the short story Le Papa de Simon, there are 28 datas that reflect the elements of realism. There are 13 citations contain the elements of suffering, 1 citation indicate the elements of poverty and 14 citations comprehend the elements of hostility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Evi Rosyani Dewi, S.S, M.Hum. ; 2). Dr. Amalia Saleh, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 13822 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:18
Last Modified: 07 Mar 2022 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23506

Actions (login required)

View Item View Item