MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH TATA BAHASA MANDARIN

RESMA NUR ANGGRINI, . (2022) MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH TATA BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ daring) merupakan metode pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi Covid-19. Teknologi (aplikasi pembelajaran) lazim digunakan dalam kegiatan PJJ daring di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Aplikasi yang digunakan dalam kegiatan PJJ daring Mata Kuliah Tata Bahasa Mandarin di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (2) Pemanfaatan aplikasi tersebut; dan (2) Pandangan pendidik serta peserta didik terhadap pemanfaatan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi yang digunakan pada PJJ Daring Mata Kuliah Tata Bahasa adalah aplikasi Whatsapp, Zoom, dan Google Classroom. Aplikasi tersebut memiliki pemanfaatan yang berbeda pada setiap masing-masing mata kuliah. Karakteristik dan fitur spesifik yang berbeda pada msing-masing aplikasi serta karakteristik peserta didik telah menjadi pertimbangan dalam penggunaan aplikasi. Pandangan pendidik dan peserta didik terhadap penggunaan ketiga aplikasi tersebut adalah mudah untuk diakses, fitur yang lengkap, dan juga dapat digunakan di berbagai perangkat seperti web, iOS, dan Android. Penggunaan ketiga aplikasi tersebut dapat memudahkan pendidik maupun peserta didik dalam komunikasi bertukar informasi pembelajaran maupun diskusi dan pembahasan materi dengan penggunaa fitur pesan teks maupun video konferensi secara real time dan non real time. Pemaparan hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi pihak terkait dalam memilih aplikasi yang digunakan dalam PJJ Daring. Online distance learning (DL) is a learning method used during the Covid-19 pandemic. Technology (application of learning) is commonly used in online DL activities during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study is describing (1) the application (the app) that used in online DL activities for the Chinese Grammar Course in Department of Chinese Language Education Faculty of Language and Arts State University of Jakarta (2) The usage of app; and (3) Oppinions of teachers and students on the use of the app. This study uses quantitative and qualitative methods. Data have been collected by interviews and questionnaires. The results of study showed that the apps used in online DL of Grammar Courses were Whatsapp, Zoom, and Google Classroom. Each of the app has different use and purposes. Characteristics of features for each app as well as the characteristics of students have been taken into consideration in the use of the app. Oppinions of teachers and students on the use of these three apps are that the apps easy enough to access, has complete feature to encourage the course needs, and can also be used on various devices such as the web, iOS, and Android. The use of these three apps could make it easier for teachers and students to exchange learning information as well as discussion of material by using text message features and video conferences features for both real time and non-real time discussions. The results of this study expected could be used as consideration in choosing app for online DL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susi Andriani, S.S., M.TCSOL. 2). Rizky Wardhani, S.S., M.Pd., M.TCSOL.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 13761 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 05:53
Last Modified: 07 Mar 2022 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23511

Actions (login required)

View Item View Item