DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SMPLB NEGERI 4 JAKARTA

PASTI MY INDAH CHRISTIANI ZEGA, . (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL SMPLB NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan aplikasi WhatsApp terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik hambatan intelektual. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian adalah peserta didik hambatan intelektual SMPLB yang bersekolah di SLB Negeri 4 Jakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS 24. Berdasarkan hasil analisis data, 70% peserta didik hambatan intelektual, memberikan respon sangat baik dan memperoleh hasil belajar matematika yang baik pada pembelajaran jarak jauh dengan aplikasi WhatsApp Group Video Call. Maka disimpulkan bahwa Peserta didik memiliki kemampuan yang baik dalam menerima Pembelajaran matematika secara Jarak Jauh (PJJ) khususnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Video Call Group. Peserta didik hambatan intelektual sudah terbiasa menggunakan aplikasi WhatsApp sehari-hari sehingga ketika digunakan saat pembelajaran, peserta didik sudah memahami cara penggunaannya. This study aims to determine the impact of Distance Learning (PJJ) with the WhatsApp application on mathematics learning outcomes in intellectually disabled students. This research method uses a quantitative approach. The subjects in this study were students with intellectual disabilities in SMPLB who attended SLB Negeri 4 Jakarta. Collecting data using a questionnaire via google form. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis which was then processed using SPSS 24 software. Based on the results of data analysis, 70% of students with intellectual disabilities responded very well and obtained good mathematics learning outcomes in distance learning with the WhatsApp Group Video application call. So it was concluded that students had good abilities in accepting Distance Learning Mathematics (PJJ), especially by using the WhatsApp Video Call Group application. Students with intellectual disabilities are used to using the WhatsApp application on a daily basis so that when used during learning, students already understand how to use it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hartini Nara, M.Si. ; 2). Irah Kasirah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14067 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:43
Last Modified: 20 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item