KESESUAIAN SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X DENGAN KERANGKA UMUM ACUAN EROPA (CADRE EUROPÉEN COMMUN DE RÉFÉRENCE/CECR)

SEKAR BAYU LIANNI, . (2022) KESESUAIAN SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X DENGAN KERANGKA UMUM ACUAN EROPA (CADRE EUROPÉEN COMMUN DE RÉFÉRENCE/CECR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian isi pada silabus Bahasa Prancis kelas X dengan kerangka umum acuan Eropa (Le Cadre Européen Commun de Référence/CECR). Untuk menganalisis silabus tersebut maka komponen dalam silabus yang akan diteliti adalah KD pengetahuan, KD keterampilan, dan Materi & Sub Materi. Aspek yang digunakan untuk menyatakan adanya kesesuaian dalam silabus dengan CECR yaitu aspek keterampilan dan tema-tema yang tercantum dalam kerangka acuam Eropa (CECR). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pada metode ini dilakukan dengan teknik simak catat dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Untuk kriteria analisis, penelitian ini mengacu pada aspek yang ada pada CECR. Analisis dilakukan pertama dengan memaparkan hasil analisis data pada KD pengetahuan, KD keterampilan dan Materi & Sub materi. Tahap berikutnya adalah menginterpretasikan data-data sesuai dengan aspek yang ada pada CECR, yaitu pengetahuan (savoir), kemampuan & keterampilan (aptitudes et savoir-faire), kemampuan bersikap (savoir-être) dan kompetensi komunikatif (Compétences Communicatives Langagières). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga puluh satu data dalam silabus Bahasa Prancis kelas X yang memiliki kesesuaian dengan aspek-aspek dalam kerangka acuan Eropa (CECR). Dari tiga puluh satu data, ditemukan delapan data pada KD keterampilan memiliki kesesuaian dengan kompetensi komunikatif, delapan data lainnya materi & sub materi pada silabus bahasa Prancis kelas X memiliki kesesuaian dengan tema komunikasi. Selanjutnya enam data pada KD pengetahuan sesuai dengan aspek pengetahuan, lima data pada KD keterampilan sesuai dengan kemampuan & keterampilan, dan tiga data pada KD keterampilan sesuai dengan keterampilan non-teknis. Kata Kunci: Silabus, Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA, CECR. This research aims to describe the conformity of the contents of the French language syllabus for class X with the Commun European Framework of Reference for Language (Cadre Européen Commun de Référence/CECR). To analyze the syllabus, the components in the syllabus to be studied are KD pengetahuan, KD keterampilan and Materi & Sub Materi. Aspects that are used to state the conformity of the syllabus with CECR are aspects of skills and themes in the European Framework of Reference (CECR). The method used in this research is the method of content analysis and the approach used is a qualitative approach. Data collection in this method is carried out by using note-taking and documentation techniques. In this study, researchers used the interactive model of data analysis techniques proposed by Miles and Huberman. For the analysis criteria, this study refers to aspects that exist in the CECR. The analysis was carried out first by describing the results of data analysis on KD pengetahuan, KD keterampilan and Materi & Sub Materi. The next step is to interpret the data in accordance with the CECR aspects, namely knowledge (savoir), skills (aptitudes et savoir-faire), soft-skills (savoir-être) and communicative competence (Competences Communicatives Langagières). The results of this study indicate that there are thirty-one data in the class X French syllabus which have conformity with aspects in the European Framework of Reference (CECR). From thirty-one data, it was found that eight data on KD keterampilan had conformity with communicative competence, the other eight data on Materi & Sub Materi in the French class X syllabus had conformity with the communication theme. Furthermore, six data on KD pengetahuan correspond to the knowledge aspect, five data on KD keterampilan according to skills, and three data on KD keterampilan according to soft skills. Keyword: Syllabus, Learning French in High School, CECR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dian Savitri, M.Pd. ; 2). Ratna, S.Pd, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 13815 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:36
Last Modified: 07 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23541

Actions (login required)

View Item View Item