MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN MATA KULIAH MEMBACA BAHASA MANDARIN

JIHAN MAHARANI, . (2022) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN MATA KULIAH MEMBACA BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mendukung kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia selama pandemi Covid-19 yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (PSPBM FBS UNJ) telah melaksanakan PJJ daring sejak Maret 2021. PJJ dapat dilaksanakan dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Namun, PJJ daring ini dikhawatirkan membawa dampak negatif bagi motivasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan motivasi intrinsik belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan 7 indikator motivasi intrinsik yang dikembangkan oleh Fitriyani dkk (2020: 167), yaitu: konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat, kemandirian, kesiapan, pantang menyerah, percaya diri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan Skala Likert dan disampaikan kepada responden dengan menggunakan Google Form. Responden berjumlah 50 orang yang semuanya adalah peserta mata kuliah Membaca Dasar I-IV di PSPBM FBS UNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama PJJ daring mata kuliah membaca bahasa Mandarin meskipun rasa ingin tahu lebih banyak terkait materi perkuliahan tidak terlalu besar, namun mahasiswa dapat berkonsentrasi dalam perkuliahan; memiliki semangat belajar yang tinggi; memiliki sikap kemandirian dalam belajar; memiliki persiapan yang baik agar siap untuk mengikuti perkuliahan; memiliki sikap pantang menyerah meski sesulit apapun yang dihadapi, serta kepercayaan diri yang tinggi dalam mempelajari dan ingin terus mencoba untuk bisa. Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran Jarak Jauh dalam jaringan, Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Supporting the policies of the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia during the Covid-19 pandemic, namely Online Distance Learning. Department of Chinese Language Education, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University has been conducting Online Distance Learning since March 2021. Online Distance Learning can be carried out online or offline. However, it is worried that Online Distance Learning will have a negative impact on student motivation. This study is conducted to describe the students' intrinsic motivation to learn. This study adopts a qualitative descriptive approach using 7 indicators of intrinsic motivation developed by Fitriyani et al (2020: 167), those are: concentration, curiosity, enthusiasm, independence, readiness, persistence, self-confidence. The data collection technique in this study adopted a Likert scale survey method and delivered to respondents by using Google Form. There are 50 respondents, all of whom were participants in the Basic Reading course level 1 to 4 at Department of Chinese Language Education. The results show that Chinese Reading Skills Course in Online Distance Learning, although there is not much curiosity about lecture material, but students could concentrate on lectures; have a high enthusiasm for learning; have an attitude of independence in learning; have good preparation to be ready to attend lectures; have a persistent attitude facing difficulties, as well as high self-confidence in learning and willingness to keep on trying. Keywords: Motivation, Online Distance Learning, Chinese Language Reading Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aprilia Ruby Wikarti, M.A. 2). Vanya Zelia, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 13766 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:52
Last Modified: 18 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23569

Actions (login required)

View Item View Item