EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD SUMBANGSIH GROGOL JAKARTA BARAT

LATIFAH NURHAFNI, . (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD SUMBANGSIH GROGOL JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SD Sumbangsih Grogol Jakarta Barat. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SD Sumbangsih Grogol Jakarta Barat. Evaluasi sangat penting dilakukan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan atau ketercapaian dengan cara mengetahui efektivitas masing-masing dari komponennya. Adapun peneliti akan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan melihat 3 Aspek karakteristik pembelajaran jarak jauh menurut Ruth Colvin Clark and Richard E. Mayer diantaranya yaitu Aspek Informasi dan Metode Pembelajaran, Aspek Perangkat Pembelajaran, dan Aspek Efektivitas Pendidik Mengajar Secara Objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluasi formatif yang terdiri dari penyebaran kuesioner terhadap 20 responden peserta didik, 10 responden orang tua, 10 responden pendidik, kemudian dilakukannya wawancara terhadap 20 responden peserta didik, 10 responden pendidik, serta dilakukannya observasi pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring melalui Zoom Meeting dan WhatsApp Group. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SD Sumbangsih Grogol Jakarta Barat sudah berjalan dengan baik namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki salah satunya pada Aspek Informasi dan Metode Pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik tentunya harus dikuasai oleh banyak pendidik sehingga pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan lebih efektif. Pada Aspek Perangkat Pembelajaran dan Aspek Efektivitas Pendidik Mengajar Secara Objektif hasilnya adalah Baik. Hasil data tersebut diperkuat oleh hasil wawancara dan hasil observasi. This study aims to assess distance learning in SD Contribution Grogol, West Jakarta. In particular, this study aims to assess the effectiveness of distance learning in SD Contribution Grogol, West Jakarta. Evaluation is very important to do to determine the level of implementation or achievement by knowing the effectiveness of each component. The researchers will carry out the implementation of distance learning by looking at 3 aspects of distance learning according to Ruth Colvin Clark and Richard E. Mayer including Information and Learning Methods Aspects, Learning Device Aspects, and Effectiveness Aspects of Teaching Educators Objectively. The method used in this study is a qualitative descriptive method with a formative evaluation approach consisting of distributing questionnaires to 20 student respondents, 10 parents respondents, 10 educator respondents, then conducting interviews with 20 student respondents, 10 educator respondents, and observations on implementing distance learning boldly through Zoom Meetings and WhatsApp Groups. The data obtained indicate that the implementation of distance learning at SD Contribution Grogol, West Jakarta has been going well, but there are several things that need to be improved, one of which is the Information Aspect and Learning Method. The use of interesting learning media must be mastered by many educators so that the implementation of remote learning can run more effectively. In the Aspect of Learning Devices and Aspects of Effectiveness of Teaching Educators Objectively the results are good. The results of the data are the results of interviews and observations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd ; 2). Diana Ariani, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13197 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:06
Last Modified: 18 Jan 2024 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23571

Actions (login required)

View Item View Item