PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK DAN CIRI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BERBASIS AUGMENTED REALITY DI BIMBINGAN BELAJAR DELTA, TANJUNG PRIOK, JAKARTA

MUHAMMAD RIJALDI IMAM MUSTARIH, . (2022) PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK DAN CIRI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BERBASIS AUGMENTED REALITY DI BIMBINGAN BELAJAR DELTA, TANJUNG PRIOK, JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (879kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran Bentuk dan Ciri Daerah Aliran Sungai (DAS) Berbasis Augmented Reality di Bimbingan Belajar Delta, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Pada masa pandemi Covid – 19 ini, kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sebelumnya menggunakan metode tatap muka beralih menjadi metode daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan perubahan metode belajar ini memberikan kendala berupa tidak efektifnya pengenalan konsep dan refleksi sebagaimana pembelajaran tatap muka. Penggunaan multimedia telah terbukti efektif memiliki dampak positif pada proses pembelajaran, bahkan lebih efektif dari metode pembelajaran tradisional. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pra – eksperimental menggunakan bentuk desain One – Shot Case Study dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS tingkat SMA di Bimbingan Belajar Delta dengan jumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian dapat dilihat dari pemahaman peserta didik kelas X IPS terhadap media pembelajaran DAS berbasis augmented reality di Bimbingan Belajar Delta Tanjung Priok, Jakarta berada pada kategori tinggi sebesar 26,92% (7 peserta didik), kategori sedang sebesar 38,46% (10 peserta didik), dan kategori rendah sebesar 23,07% (6 peserta didik), dan sangat rendah sebesar 11,53% (3 peserta didik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap media pembelajaran DAS berbasis augmented reality di Bimbingan Belajar Delta, Tanjung Priok, Jakarta termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rayuna Handawati, M.Pd 2). Dr. Aris Munandar, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13322 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:20
Last Modified: 10 Mar 2022 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23613

Actions (login required)

View Item View Item