HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DALAM MEMPELAJARI BIOLOGI DAN RASA INGIN TAHU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

FAIRUZ KHAIRUNNISA, . (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DALAM MEMPELAJARI BIOLOGI DAN RASA INGIN TAHU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada kurikulum 2013 siswa dituntut aktif dalam segala kegiatan pembelajaran. Melalui pembelajaran aktif yang sudah diterapkan, siswa diharapkan dapat mengeksplor informasi yang lebih dalam tentang materi Biologi yang telah ataupun belum dijelaskan oleh guru. Sikap tersebut menunjukkan bahwa siswa memiliki rasa ingin tahu yang kemudian akan memunculkan rasa percaya diri sehingga mendorong siswa untuk mencapai hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dalam mempelajari biologi dan rasa ingin tahu dengan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 97 Jakarta pada tahun ajaran 2020/2021 semester genap. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui studi korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 100 siswa yang diambil dari tiga kelas XI MIPA dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tiga instrumen tes, yaitu: tes kepercayaan diri, tes rasa ingin tahu dan tes motivasi berprestasi siswa. Hasil terbanyak yang diperoleh dari ketiga tes tersebut masuk dalam kategori tinggi, dengan presentase kepercayaan diri dalam mempelajari biologi sebesar 62%, rasa ingin tahu sebesar 62% dan motivasi berprestasi siswa sebesar 57%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dalam mempelajari biologi dan rasa ingin tahu dengan motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd, M.Si. 2). Erna Heryanti, S.Hut, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13374 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:34
Last Modified: 07 Apr 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23630

Actions (login required)

View Item View Item