KENDALA TEKNIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH MEMBACA BAHASA MANDARIN

ANNIDA MAULIDDINA, . (2022) KENDALA TEKNIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH MEMBACA BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

Mempertimbangkan pembelajaran jarak jauh daring yang telah dilaksanakan Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta (PSPBM UNJ) selama beberapa semester, perlu adanya penelitian yang mengevaluasi PJJ daring terutama mengenai kendala yang dihadapi mahasiswa. Dalam penelitian ini, penulis membatasi penelitian pada kendala teknis. Tujuan penelitian ini adalah meneliti kendala teknis PJJ daring dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut oleh mahasiswa PSPBM UNJ ketika mengikuti keterampilan membaca dasar I-IV pada semester 113-114. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data dan pendekatan kualitatif untuk menelaah data yang telah dihimpun. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Responden penelitian ini adalah 53 orang mahasiswa PSPBM UNJ yang mengikuti keterampilan membaca pada semester 113-114. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa menghadapi kendala teknis terkait koneksi internet, ketersediaan perangkat, dan perangkat belajar, serta upaya untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu (1) Jaringan mengalami gangguan karena cuaca buruk. Upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kendala tersebut adalah beralih menggunakan paket data internet. (2) Perangkat yang dimiliki mahasiswa tidak layak digunakan. Upaya yang dilakukan mahasiswa adalah meminjam perangkat orang lain. (3) Mahasiswa menghadapi kendala pada daya perangkat. Upaya yang dilakukan mahasiswa adalah beralih menggunakan perangkat lain. Selain terkait kendala teknis, mahasiswa melakukan upaya untuk mengatasi ketertinggalan materi/pelajaran yaitu dengan membaca aksara Han secara mandiri. Kata kunci: Kendala Teknis, Pembelajaran Jarak Jauh Daring, Mata Kuliah Membaca, Bahasa Mandarin Considering the online distance learning that has been implemented by State University of Jakarta, Department of Chinese Language Education for several semesters, there is a need for research that evaluate the online distance learning, especially obstacles faced by students. In this study, the writer limiting the scope of research to the technical obstacles. The study aims to research the technical obstacles of online distance learning and efforts made to overcome obstacles by Department of Chinese Language Education students when participating in basic reading skill course I-IV in semesters 113-114. This study uses a quantitative approach to collect data and a qualitative approach to examine the data that has been collected. The research instrument used was a questionnaire. The respondents of this study were 53 students who took reading skill course in semesters 113-114. The result of the study shows that students faced the technical obstacles as follow: (1) The network is an unstable network due to bad weather. The efforts that have been made to overcome these obstacles is switching internet service provider. (2) Condition devices is not suitable for use. The efforts that have been made to overcome these obstacles is borrowing other people's devices. (3) The device has problem with the availability of power. The efforts that have been made to overcome these obstacles is switching to using other devices. In addition to the technical obstacles, students made efforts to overcome lesson lag behind with reading independently Hanzi. Keywords: The technical obstacles, Online Distance Learning, Reading Course, Chinese Language

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aprilia Ruby Wikarti, M.A. ; 2). Ayu Trihardini, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 13764 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 11:06
Last Modified: 07 Mar 2022 11:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23697

Actions (login required)

View Item View Item