PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DOMAIN KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat)

Irma Risfani, . (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DOMAIN KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (158kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (6MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (684kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (386kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf

Download (255kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
17. Instrumen Hasil Belajar Matematika Domain Kognitif 1&2.pdf

Download (552kB)
[img] Text
18. Rubrik Instrumen Hasil Belajar Matematika Domain Kognitif.pdf

Download (163kB)
[img] Text
30. Validasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif melalui penggunaan modul berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Jenis metodologi dari penelitian ini adalah model siklus Kemmis dan Taggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari siklus I adalah hasil belajar matematika domain kognitif mencapai 65%, sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika domain kognitif meningkat menjadi 93%. Hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I mencapai 85%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil pemantau tindakan aktivitas siswa pada siklus I baru mencapai 85%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian pencapaian hasil siklus II mengenai hasil belajar matematika domain kognitif telah mencapai target yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan modul berbasis pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd 2) Dra. Sri Sugiarti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Dec 2019 15:00
Last Modified: 17 Dec 2019 15:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item