PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA TIMUR

AYUHEL LETRIK MARIAN, . (2022) PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan media audio visual melalui tayangan-tayangan peristiwa yang terjadi di masa lampau sebagai sumber belajar sejarah, selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk mencari dan menemukan makna dalam konteks yang sesungguhnya. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, sebagai alat pengumpul data seperti pedoman wawancara, kerangka kerja. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, bertindak sebagai informan kunci dan guru sejarah serta siswa sebagai informan inti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Analisis terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi, untuk selanjutnya di deskripsikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan media audio visual sebagai sumber belajar sejarah dikatakan cukup efektif. Artinya cocok digunakan selama masa pandemi covid-19, karena siswa mudah memahami, ketika pembelajaran sejarah menggunakan media audio visual, siswa mampu mengetahui materi sejarah bukan hanya lewat tulisan saja. Hal ini dilihat dari motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah. ************** The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of audio-visual media through impressions of events that occurred in the past as a source of historical learning, during distance learning. This research was conducted at SMA Diponegoro 1 East Jakarta, using descriptive qualitative research methods, to seek and find meaning in the real context. The research instrument is the researcher himself, as a data collection tool such as interview guidelines, frameworks. Deputy principal for curriculum, acted as key informants and history teachers and students as core informants. Data collection techniques used primary and secondary sources. The analysis consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification, to be further described. From the results of the study, it can be concluded that distance learning by utilizing audio-visual media as a source of learning history is said to be quite effective. This means that it is suitable for use during the COVID-19 pandemic because students easily understand, when learning history using audio-visual media, students can know historical material not only through writing. This can be seen from the motivation of students in participating in history learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Umasih, M.Hum. ; 2). Prof.Dr. Sarkadi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14234 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:55
Last Modified: 15 Mar 2022 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23718

Actions (login required)

View Item View Item