EVALUASI PEMANFAATAN E-LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI MASA PANDEMI

FAIZAL ACHYAR, . (2022) EVALUASI PEMANFAATAN E-LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI MASA PANDEMI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan E-learning pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Fikri. berdasarkan: (1) Pelaksanaan Pemanfaatan E-learning yang dilakukan oleh guru, (2) Pelaksanaan Pemanfaatan E-learning yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket baik untuk guru maupun siswa, wawancara untuk siswa dan guru, dan observasi. Dengan menggunakan model evaluasi yang dikembangkan oleh M.Scriven dengan tiga aspek tahapan (penilaian kebutuhan, perencanaan program dan evaluasi formatif). Sampel dari penelitian ini adalah 1 guru mata pelajaran IPA dan siswa SMP kelas VIII yang terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian dari instrumen kuesioner menunjukkan bahwa skor yang diperoleh guru berdasarakan pemanfaatan E-learning termasuk dalam kategori sangat baik dan mencapai presentase sebesar 90%, dengan rincian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: (1) aspek penilaian kebutuhan sebesar 90%, (2) aspek perencanaan program 92,5%, (3) aspek evaluasi formatif 87,5%. Sedangkan skor yang diperoleh siswa berdasarkan pemanfaatan E-learning termasuk dalam kategori baik dan mencapai presentase sebesar 79,4%, dengan rincian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: (1) aspek penilaian kebutuhan 73%, (2) aspek perencanaan program 82,2%, (3) aspek evaluasi formatif 83%. Namun berdasarkan hasil wawancara, observasi dan pengecekan dokumen terdapat beberapa catatan bahwa RPP dan sumber belajar yang digunakan belum dapat dikembangkan. Pemanfaatan E-learning secara sinkronus maya sudah cukup baik namun diperlukan untuk memperbanyak media yang digunakan dan website E-learning yang dimiliki sekolah perlu diperbanyak lagi materi pelajaran nya. Sedangkan untuk sinkronus nyata masih terdapat kekurangan didalam pemanfaatan perangkat elektronik untuk mendukung proses pembelajaran. This study aims to evaluate the use of E-learning in science subjects for class VIII at SMP Fikri. based on: (1) Implementation of E-learning-based learning conducted by teachers, (2) Implementation of E-learning-based learning conducted by students. This research is an evaluation research using a descriptive approach. The data collection technique used a questionnaire instrument for both teachers and students, interview for students and teacher and observation. By using the evaluation model developed by M. Scriven with three aspects of the stages (needs assessment, program planning and formative evaluation). The sample of this study was 1 science teacher and class VIII junior high school students consisting of 20 students. The results showed that the score obtained by the teacher based on the implementation of E-learning-based learning was included in the very good category and reached a percentage of 90%, with details of each aspect as follows: (1) needs assessment aspect of 90% , (2) program planning aspect of 92,5%, (3) formative evaluation aspect of 87,5%. Meanwhile, the scores obtained by students based on the implementation of E-learning-based learning were included in the good category and reached a percentage of 79,4%, with details of each aspect as follows: (1) needs assessment aspect 73%, (2) aspects program planning 82,2%, (3) formative evaluation aspects 83%. However, based on the results of interviews, and observations there are some notes that the lesson plans and learning resources used have not been developed yet. The use of virtual synchronous e-learning is good enough, but it is necessary to increase the media used and the school-owned E-learning website needs more subject matter. As for the real synchronous, there are still shortcomings in the use of electronic devices to support the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Mulyadi M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13215 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:32
Last Modified: 08 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23719

Actions (login required)

View Item View Item