PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIP PDF PROFESSIONAL PADA PEMBELAJARAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI KELAS VIII

NING IDJA JASMAN, . (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIP PDF PROFESSIONAL PADA PEMBELAJARAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital Flip PDF Professional pada pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh satu ahli materi dan dua ahli media, serta respons guru bahasa Indonesia dan 14 orang siswa kelas VIII SMP Diponegoro 1 Jakarta. Hasil penelitian ini ialah bahan ajar digital Flip PDF Professional pada pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi kelas VIII yang dapat diakses dengan menggunakan gawai, dan atau perangkat komputer. Kelayakan bahan ajar digital Flip PDF Professional pada pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 5 dengan persentase 100% termasuk dalam kategori sangat layak. Kelayakan bahan ajar digital Flip PDF Professional pada pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,5 dengan persentase sebesar 91,4% termasuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, aspek yang diperoleh dari uji coba kelayakan guru mendapatkan skor rata-rata 5 dengan persentase 100% termasuk dalam kategori sangat layak serta uji coba kelompok kecil oleh siswa mendapatkan skor rata- rata 4,6 dengan persentase 96% termasuk dalam kategori sangat layak. Bahan ajar digital buku fiksi dan nonfiksi pada pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi memiliki implikasi dalam pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang telah dibaca/didengar. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk Pengembangan Bahan Ajar Digital Flip PDF Professional pada Pembelajaran Buku Fiksi dan Nonfiksi Kelas VIII sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan diharapkan efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa. The purpose of this research is for developing Flip PDF professional for learning fiction and nonfiction books for class VIII. This research used the Research and Development (R&D) method and the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Data obtained through observation, interviews, and questionnaires. Data analysis used qualitative and quantitative analysis. The product test was carried out by one material expert and two media experts, as well as the responses of the Indonesian language teacher and 14 grade VIII students of SMP Diponegoro 1 Jakarta. The quality of the material received a very proper or very good category assessment from the validator, the assessment from material experts gets an average score of 5 with a percentage 100%. The assessment from media experts gets an average score of 4,5 with a percentage 91,4%. The product also tested by the teacher and students, the assessment from teacher got an average score of 5 with a percentage 100%, also from the students got an average score of 4,6 with a percentage 96%. Digital teaching materials for fiction and non-fiction book learning have implications in learning that can be used as a teaching materials to improve the ability to present responses to fiction and nonfiction books that have been read/heard. Based on this assessment, it can be concluded that the product Development of Flip PDF Professional Digital Teaching Materials for Class VIII Learning Fiction and Nonfiction Books is very proper to use in the learning process and is expected to be effective for improving student skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Suhita, M.Pd. 2). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 13417 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:01
Last Modified: 02 Aug 2022 01:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23734

Actions (login required)

View Item View Item