PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA TUNARUNGU DI KELAS INTERVENSI DINI (Studi Deskriptif di SLB/B Pangudi Luhur)

ANGGI ALFIANI, . (2022) PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA TUNARUNGU DI KELAS INTERVENSI DINI (Studi Deskriptif di SLB/B Pangudi Luhur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (679kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Metode Maternal Reflektif (MMR) dalam kemampuan menulis permulaan siswa tunarungu di kelas intervensi dini Pangudi Luhur, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hiberman dengan aktivitas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap persiapan pengembangan kemampuan menulis permulaan siswa tunarungu di kelas intervensi dini, guru melakukan asesmen dan mempersiapkan kondisi kematangan siswa yaitu dengan kegiatan latihan motorik. Kemudian pada pelaksanaan Metode Maternal Reflektif (MMR) dalam pengembangan kemampuan menulis permulaan siswa tunarungu di kelas intervensi dini terjadi saat aktivitas visualisasi percakapan. Pada visualisasi percakapan, guru menandai kosakata baru kemudian mengidentifikasi bersama siswa dengan aktivitas mengujarkan, membaca ujaran, mengartikan dan menulis. Proses pengembangan menulis permulaan dilakukan dengan proses menebalkan, menirukan dan menyalin tulisan. Faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran menulis siswa tunarungu di kelas intervensi dini yaitu kematangan motorik siswa dan adanya kesadaran serta kerjasama dengan orang tua untuk memberikan stimulus pada anak ketika di rumah. Pengembangan kemampuan menulis permulaan pada kelas-kelas rendah diharapkan untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan guna mendukung perkembangan bahasa dan komunikasi pada siswa tunarungu. This study aims to describe how the implementation of the Maternal Reflective Method (MMR) in the early writing ability of deaf students in the Pangudi Luhur early intervention class, West Jakarta. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques in this study through interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is the Miles and Hiberman model with data reduction activities, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that at the preparatory stage of developing the writing skills of deaf students in the early intervention class, the teacher conducts an assessment and prepares for the condition of student maturity, namely by motor training activities. Then the implementation of the Reflective Maternal Method (MMR) in developing the writing ability of the deaf students in the early intervention class occurred during the conversation visualization activity. In conversational visualization, the teacher marks the new vocabulary and then identifies with the students the activities of saying, reading, interpreting and writing. The initial writing development process is carried out by thickening, imitating and copying the writing. Factors that influence the writing learning of deaf students in the early intervention class are motor maturity of students and awareness and cooperation with parents to provide stimulus to children when at home. The development of initial writing skills in lower grades is expected to be maintained and improved to support the development of language and communication in deaf students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14085 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:07
Last Modified: 08 Mar 2022 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23811

Actions (login required)

View Item View Item