PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH (STUDI DI SMA NEGERI 2 AMBON)

MEVI BOZED TANIKWELE, . (2022) PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH (STUDI DI SMA NEGERI 2 AMBON). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Aplikasi Microsoft Teams yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah dan kendala guru dan siswa dalam menggunakan Aplikasi Microsoft Teams di SMA Negeri 2 Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis permasalahan menggunakan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan take note. Penerapan Microsoft Teams ini telah hadir dengan dukungan sejumlah fitur-fitur unggulan yang memfasilitasi seluruh anggota tim. Penerapan aplikasi Microsoft Teams sebagai digital hub yang menghubungkan berbagai layanan Office 365 dalam satu ruang kerja memungkinkan guru dan siswa untuk mencapai hal lebih, karena mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan mudah. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran sejarah dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar, hal ini karena dengan kelengkapan fitur-fitur pembelajaran yang telah tersedia di dalam aplikasi tersebut sehingga memudahkan guru untuk mentransfer materi ajar. Tidak hanya dalam bentuk teks saja tetapi bisa dalam bentuk gambar maupun video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektif sekali karena siswa merasa senang jika Microsoft Teams dilakukan dalam pembelajaran sejarah secara daring saat ini. Tetapi ada beberapa insiden yang menjadi terkendala selama pembelajaran berlangsung yaitu aplikasi ini baru saja dilakukan sehingga di awal-awal pembelajaran siswa begitu sulit karena belum menguasai aplikasi tersebut. Namun dengan rutinitas selama pertemuan pelaksanaan dilakukan maka siswa dengan tahu cara menggunakannya. Selain kendala guru dalam menggunakan aplikasi Microsoft Teams, terdapat kendala lain juga dalam pembelajaran daring yaitu 1) lingkungan rumah siswa yang tidak konsisten baik, misalnya seperti keributan pada saat siswa sedang mengikuti pembelajaran. 2) adapun terkendala pada jaringan internet siswa maupun guru selama mengikuti pembelajaran secara daring dan 3) kurangnya fasilitas yang menjamin siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah secara daring. Kata Kunci : Microsoft Teams, Mata Pelajaran Sejarah, Hasil Belajar ************************** ABSTRACT The purpose of this study was to find out how the application of the Microsoft Teams application can improve learning outcomes in History subjects and the obstacles faced by teachers and students in using the Microsoft Teams application at SMA Negeri 2 Ambon. This research is a qualitative research with problem analysis using case studies. Data was collected using interviews, observations and take notes. The implementation of Microsoft Teams has come with the support of a number of excellent features that facilitate all team members. Deployment of the Microsoft Teams app as a digital hub that connects various Office 365 services in one workspace allows teachers and students to achieve more, because they can interact and communicate easily. The results showed that history subjects using the Microsoft Teams application were very effective in improving learning outcomes, this was due to the completeness of the learning features that were available in the application, making it easier for teachers to transfer teaching materials. Not only in the form of text but can be in the form of images or videos. Thus, it can be concluded that it is very effective because students feel happy if Microsoft Teams is carried out in online history learning today. However, there were several incidents that were hampered during the learning process, namely this application had just been carried out so that at the beginning of student learning it was very difficult because they had not mastered the application. However, with routines during implementation meetings, students know how to use them. In addition to the teacher's obstacles in using the Microsoft Teams application, there are also other obstacles in online learning, namely 1) the student's home environment is not consistently good, for example, such as noise when students are taking part in learning. 2) there are problems with the internet network of students and teachers while participating in online learning and 3) the lack of facilities that ensure students take part in online history learning. Keywords : Microsoft Teams, History Subjects, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14274 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:05
Last Modified: 09 Mar 2022 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item