STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 7-11 TAHUN SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO BUARAN TAHUN 2021

ROIDA SEPTINI, . (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 7-11 TAHUN SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO BUARAN TAHUN 2021. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran vokal anak usia 7-11 tahun secara daring pada masa pandemi COVID-19 di Purwacaraka Music Studio Buaran tahun 2021. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif, waktu penelitian yang telah dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2021 sampai dengan 16 Desember 2021 secara daring. Tempat penelitian ini dilakukan di rumah, Jalan Aria Putra no.69 RT 06 RW 01, Sarua Ciputat, Tangerang Selatan. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran vokal. Sumber data yang digunakan dalam metode penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi juga beberapa sumber data berupa buku, jurnal, skripsi dan berbagai situs di internet. Teknik analisis data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dipaparkan berdasarkan dengan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber. Startegi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di PCMS Buaran adalah memberikan materi teknik vokal dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan diskusi mengenai bahan ajar berupa lagu-lagu yang dinyanyikan. Media yang digunakan dalam pembelajaran meliptui youtube dan minus one sebagai pengiring bahan ajar serta Zoom Meeting sebagai sarana komunikasi dan interaksi selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil wawancara dengan pengajar, hasil pembelajaran secara daring ini kurang maksimal dibandingkan dengan pembelajaran secara langsung. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala diantaranya adalah jaringan internet, serta delay antara audio pengajar dengan siswa yang menyebabkan suara yang dihasilkan bertabrakan jika komunikasi secara 2 (dua) arah. The purpose of this study was to find out how the Online Vocal Learning Strategies for Children of 7-11Year Olds During COVID-19 pandemic at Purwacaraka Music Studio Buaran in 2021. The research method used by the researcher is descriptive qualitative method, the time of the research that has been carried out online is started on October 28 to December 16, 2021. This research place was conducted at home, at Jalan Aria Putra no.69 RT 06 RW 01, Sarua Ciputat. The object of this research is vocal learning strategy. The data sources used in this research are observation, interviews, and documentation, as well as other sources in the form of books, journals, theses and various sites on the internet. The results of research are presented based on the results of observations and interviews with several speakers. The learning strategy used in learning at PCMS Buaran is to provide vocal technique material using the lecture, demonstration and discussion method of teaching materials in the form of sung songs. The media used in learning include YouTube and minus one as an accompaniment of teaching materials and Zoom Meetings as a means of communication and interaction during the learning process. Based on the results of interviews with teachers, the results of online learning are not optimal compared to in-person learning. It is caused by several obstacles including the internet network, as well as delays between the audio teacher and students which cause the resulting sound to collide if communication is in 2 (two) directions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lucy Martiati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 13930 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:17
Last Modified: 15 Mar 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item