KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK CD INTERAKTIF PADA MATA KULIAH BUSANA ANAK

PUTRI ANDARWATI, . (2016) KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK CD INTERAKTIF PADA MATA KULIAH BUSANA ANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PUTRI ANDARWATI (5525129047).pdf

Download (18MB)
[img] Text
ABSTRAK PUTRI ANDARWATI.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dalam bentuk CD interaktif pada mata kuliah busana anak dengan materi busana pesta anak. Penelitian ini terdapat satu variabel, yaitu variabel kelayakan Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta, dengan jumlah 75 responden sebagai pengguna media CD Interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental design, data diperoleh dengan uji kelayakan oleh 3 ahli materi dalam bidang tata busana dan 2 ahli media. Penilaian media pembelajaran CD Interaktif ini dinilai dari dua aspek yakni, aspek kriteria media pembelajaran yang baik dan aspek komponen multimedia. Setelah melalui tahap tersebut lalu mengukur pendapat mahasiswa selaku pengguna media CD Interaktif. Jika semua tahap telah dilkukan oleh peneliti maka peneliti dapat mengetahui apakah media CD Interaktif yang dibuat oleh peneliti hasilnya layak atau tidak layak Hasil penelitian kelayakan media pembelajaran CD Interaktif pada mata kuliah busana anak menunjukkan bahwa media ini sudah layak digunakan, dengan adanya pernyataan dari hasil wawancara terstruktur oleh panelis (ahli materi dan ahli media) dan angket mahasiswa sebagai pengguna mengenai kelayakan media pembelajaran menunjukan respon positif lebih besar daripada respon negatif, seperti: kejelasan ukuran huruf judul pada materi sudah jelas, untuk kejelasan ukuran huruf pada uraian materi sudah jelas, Untuk jenis huruf judul yang ditampilkan pada media sudah baik, pada video masih ada jenis front yang kurang jelas. Untuk penggunaan jenis huruf pada uraian yang ditampilkan sudah baik. kebersihan uraian materi pembelajaran yang disajikan sangat baik. kemenarikan uraian pada materi pembelajaran yang disajikan sudak baik atau menarik. CD interaktif ini sudah sesuai atau cocok di gunakan secara perorangan atau individu, materi video tutorial yang disajikan sudah sesuai dengan topik yang diajarkan. test evaluasi dengan materi sudah baik atau sesuai, test evaluasi sesuai dengan video tutorial (praktek) sudah baik atau sesuai, sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, dapat digunaan kapan pun dan dimanapu, berkulitas baik, untuk tampilan sudah baik, dan pemilihan tombol ikon sudah tepat. Namun ada beberapa masukan diantaranya, uraian pada materi sebaiknya langsung pada materi pokoknya saja yaitu busana pesta anak, resolusi gambar harap dipertahatikan, suara backsound sebaiknya menggunakan suara musik yang kurang popular saja, suara backsoud buat lebih soft agar suara narator muncul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suryawati, M.Si ; 2). Dra.Eneng Lutfia Zahra,M.Pd
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2019 15:51
Last Modified: 18 Dec 2019 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item