PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kuningan)

ERWIN OKTOMA, Erwin Oktoma (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kuningan). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover dst.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (strategi metakognisi di kelas ekperimen, dan strategi peta konsep di kelas kontrol) terhadap keterampilan menulis argumentatif mahasiswa serta untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir sebagai variabel moderator (berpikir kritis dan berpikir kreatif) terhadap keterampilan menulis argumentatif mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (strategi metakognisi, strategi peta konsep) dan kemampuan berpikir (berpikir kritis, berpikir kreatif) terhadap keterampilan menulis argumentatif mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester III program studi pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu: (1) Tes keterampilan menulis argumentatif (2) Tes kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dimana tes ini digunakan untuk mengelompokan mahasiswa sesuai dengan karakteristik berpikir kritis dan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis argumentatif Bahasa Inggris mahasiswa. Keterampilan menulis argumentatif mahasiswa yang diberikan strategi pembelajaran metakognitif lebih baik daripada mahasiswa yang diberikan strategi pembelajaran peta konsep. Selain itu juga diduga ada keterkaitan kemampuan berpikir mahasiswa yang memiliki kemamapuan berpikir yang berbeda. Kemampuan berpikir kritis ternyata lebih tepat dimiliki mahasiswa untuk memiliki keterampilan menulis argumentatif dengan baik. Pemberian strategi pembelajaran yang sama pada semua mahasiswa merupakan hal yang kurang menguntungkan tanpa mempertimbangkan aspek kemampuan berpikir. Hal ini disebabkan karena pada kelompok mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis, penerapan startegi pembelajaran metakognitif menghasilkan hasil keterampilan menulis argumentatif mahasiswa yang lebih baik daripada kelompok mahasiswa yang diberikan strategi pembelajaran peta konsep. Kedua, sekalipun kemampuan berpikir mahasiswa telah dipertimbangkan, namun penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat juga berdampak pada hasil keterampilan menulis argumentatif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd 2). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 13457 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:02
Last Modified: 10 Mar 2022 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23952

Actions (login required)

View Item View Item