PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KEGUNAAN, ETIS EFIKASI DIRI TERHADAP PEMBAJAKAN ONLINE, DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP MINAT BELI MUSIK PADA APLIKASI DIGITAL

RIANTO PANGESTU, . (2017) PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KEGUNAAN, ETIS EFIKASI DIRI TERHADAP PEMBAJAKAN ONLINE, DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP MINAT BELI MUSIK PADA APLIKASI DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rianto Pangestu 8215123411.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui deskripsi dari persepsi harga, persepsi kegunaan, etis efikasi diri terhadap pembajakan online, persepsi nilai, dan minat beli musik pada aplikasi digital, 2) menguji secara empiris pengaruh persepsi harga terhadap persepsi nilai musik digital, 3) menguji secara empiris pengaruh persepsi kegunaan terhadap persepsi nilai musik digital, 4) menguji secara empiris pengaruh etis efikasi diri terhadap pembajakan online terhadap minat beli musik digital, 5) menguji secara empiris pengaruh persepsi nilai terhadap minat beli musik digital. Objek penelitian ini ialah 205 responden yang mengetahui aplikasi musik digital dan belum pernah membeli sebelumnya. Hasil pengujian deskriptif menjelaskan bahwa persepsi harga dan persepsi kegunaan sudah baik untuk memberikan persepsi nilai kepada responden, sehingga calon konsumen mempunyai minat beli musik pada aplikasi digital. Metode analisis menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu SPSS dan LISREL. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1) persepsi harga berpengaruh terhadap persepsi nilai sebesar 19%, 2) persepsi kegunaan berpengaruh terhadap persepsi nilai sebesar 47%, 3) etis efikasi diri terhadap pembajakan online tidak berpengaruh terhadap minat beli, 4) persepsi nilai berpengaruh terhadap minat beli sebesar 27%. The purposes of this research are: 1) To find out the description of perceived price, perceived usefulness, ethical self-efficacy for online piracy, perceived value, and music purchase intention on digital application, 2) to test empirically the influence of perceived price toward perceived value of digital music application, 3) to test empirically the influence of perceived usefulness toward perceived value of digital music application, 4) to test empirically the influence of ethical self-efficacy for online piracy toward purchase intention of digital music application, 5) to test empirically the influence of perceived value toward purchase intention of digital music application. The object of this research is 205 respondents who know digital music application and never purchase the service of digital music before. Analyzing method using Structural Equation Modelling (SEM) and helped by SPSS and LISREL. The results of descriptive test explained that perceived price and perceived usefulness provided is good to give perceived value for respondent, so that the candidate customer have intention to purchase music in application digital. The hypothesis test shows: 1) the influence of perceived price toward perceived value by 19%, 2) the influence of perceived usefulness toward perceived value by 47%, 3) ethical self-efficacy for online piracy does not have influence toward purchase intention, 4) the influence of perceived value toward purchase intention by 27%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Setyo Ferry Wibowo, SE, M.Si 2) Andrian Haro, S.Si, MM
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Mar 2022 05:37
Last Modified: 09 Mar 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item