ANALISA PROFESIONALISME GURU PADA ERA 4.0

EKA KRISTANTO, . (2022) ANALISA PROFESIONALISME GURU PADA ERA 4.0. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa profesionalisme dalam meningkatkan pengembangan diri pada era industri 4.0. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Populasi target dalam penelitian ini adalah guru di 15 Sekolah Dasar Negeri yang berada di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Sampel yang diambil sebanyak 55 guru. Teknik analaisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan PEA (Practical Epistemology Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme menurut beberapa guru dilihat sebagai tugas pokok dalam melakukan kinerja sebagai guru dengan baik, sehingga dapat menjadi contoh bagi siswa, dan dapat bersosialisasi dengan baik, 2) Kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru dalam mengembangkan pembelajaran harus didahului dengan kemampuan memanfaatkan teknologi dan dapat mempelajari teknologi; 3) Sebagian besar guru memaknai profesionalisme hanya sebatas menjalankan tugas utama dalam mendidik siswa di sekolah tanpa memikirkan untuk mengembangkan diri dalam menghadapi era 4.0; 4) Pembelajaran kontekstual di masa pandemik sangatlah mudah dan sangatlah penting untuk diterapkan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dan dapat menambah pengalaman dalam berinteraksi siswa dengan lingkungan sekitar, selain itu siswa menjadi mampu dengan kesadarannya untuk menciptakan ide dan mempraktikkan idenya baik untuk dirinya sendiri, keluarga, ataupun untuk lingkungan sekitarnya; 5) Menurut beberapa guru cara untuk mendapatkan informasi di era 4.0 dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan informasi dari berbagai sumber teknologi digital sederhana seperti televisi, internet, smart phone. Dalam memanfaatkan berbagai media untuk mengembangkan diri maka dapat dilakukan dengan memahami berbagai jenis media yang sangat banyak kemudian dapat disesuaikan dengan keperluan diri kita sendiri. This study aims to analyze professionalism in improving self-development in the industrial era 4.0. The research method is descriptive qualitative with interviews, observation, and documentation studies.. The target population in this study were teachers in 15 public elementary schools in the Pulogadung sub-district, East Jakarta. The sample taken was 55 teachers. The data analysis technique used in this research is PEA (Practical Epistemology Analysis). The results of the study show that: 1) Professionalism according to some teachers is seen as the main task in performing well as a teacher, so that it can be an example for students, and can socialize well; 2) The main competencies that a teacher must have in developing learning must be preceded with the ability to utilize technology and can learn technology; 3) S Most teachers interpret professionalism as only carrying out their main task in educating students at school without thinking about developing themselves in the face of the 4.0 era; 4) Contextual learning in the pandemic period is very easy and very important to apply in learning because it can improve students' critical thinking and can add experience in interacting students with the surrounding environment, besides that students become able with their awareness to create ideas and practice their ideas both for themselves , family, or for the surrounding environment; 5) According to some teachers, the way to get information in the 4.0 era can be done by following the development of information from various simple digital technology sources such as television, internet, smartphones. In utilizing various media for self-development, it can be done by understanding the various types of media which are very numerous, and then can be adapted to our own needs.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd.,M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14340 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:29
Last Modified: 10 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24023

Actions (login required)

View Item View Item