ANALISIS KAJIAN PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)

SATRIO ANDHIKA PERDANA, . (2022) ANALISIS KAJIAN PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis Miles dan Hubermen. Terdapat empat tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi dan mengkaji sumber pustaka seperti jurnal-jurnal dan artikel yang sesuai dengan masalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan interpersonal pada peserta didik sekolah dasar sangat penting untuk dilakukan, salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasasan interpersonal pada peserta didik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) juga berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal peserta didik, dimana dalam pembelajaran ini peserta didik diajarkan bagaimana menjadi warga masyarakat yang baik dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku, agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) peserta didik haruslah mengembangkan kecerdasan interpersonal yang dimilikinya. Dimana kecerdasan interpersonal ini adlaah kecerdasan bawaan yang dimiliki peserta didik untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesamanya dengan baik dan benar. This literature review research aims to determine the development of interpersonal intelligence of elementary school students using discovery learning methods in Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) learning. The research method used is descriptive qualitative research method with the Miles and Hubermen analysis model. There are four stages carried out in this research, namely: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This data collection technique uses observation techniques and examines library resources such as journals and articles that are in accordance with the problems studied. The results of the study indicate that the development of interpersonal intelligences in elementary school students is very important to do. One of the learningmethods that can develop students’ interpersonal intelligence is to use the discovery learning method. PPKn learning also plays an important role in developing interpersonal intelligences and the characteristics of students,where in this learning students are taught how to be a good citizens and in accordance with the norms that apply in public society. So that students can achieve PPKn learning goals, students must develop their interpersonal intelligence, where interpersonal intelligence possessed by students to be able to communicate and interact with each other properly and correctly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M. Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M. Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14193 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:25
Last Modified: 10 Mar 2022 04:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item