MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS V SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat)

Jemens Puaradja, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS V SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Pengamatan Menendang I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Pengamatan Tindakan I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
RPP S1 P1.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar menendang bola melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018 menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 3 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan presentase keterampilan gerak dasar menendang bola meningkat 8% dari 74% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II kemudian meningkat 10% dari 82% pada siklus II menjadi 92% pada siklus III. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar menendang bola pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat dijadikan cara untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar menendang bola di kelas V SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Julius Sagita, M.Pd 2) Dra. Olga D. Pandeirot, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:39
Last Modified: 19 Dec 2019 14:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item