KENTI ASTUTI, . (2017) PERANAN NORMA SUBJEKTIF, SIKAP, DAN MOTIVASI DALAM MEMPENGARUHI NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI KE KAWASAN WISATA KOTA TUA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BISMILLAH SKRIPSI KENTI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar peranan norma subjektif, sikap dan motivasi dalam mempengaruhi niat mengunjungi kembali ke Kawasan Wisata Kota Tua di Jakarta.Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Convenience Sampling. Data terkumpul sebanyak 240 responden pengunjung Kota Tua Jakarta. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 31,264 + 0.685X1 untuk variabel norma subjektif, Ŷ = 33,908 + 0.705X2 untuk variabel sikap, Ŷ = 31,685 + 0.705X3 untuk variabel motivasi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas denganmenggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig niat mengunjungi kembali Kota Tua Jakarta (Y) sebesar 0,071, nilai Asymp. Sig norma subjektif (X1) sebesar 0,229, nilai Asymp. Sig sikap sebesar 0,061 dan nilai Asymp. Sig. motivasi sebesar 0,090. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung11,975 >ttabel 1,96 untuk norma subjektif(X1) dengan demikian dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t norma subjektif terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap niat mengunjungi kembali (Y), thitung 11,350 >ttabel 1,96 untuk sikap (X2) dengan demikian dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t sikap terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap niat mengunjungi kembali (Y), dan thitung 11,537 >ttabel 1,96 untuk motivasi (X3) dengan demikian dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap niat mengunjungi kembali (Y). Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37,6% untuk norma subjektif, 35,1% untuk sikap dan 35,9% untuk motivasi, hal ini menunjukan variabel niat mengunjungi kembali Kota Tua Jakarta ditentukan oleh norma subyektif, sikap dan motivasi sebesar nilai koefisien determinasi yang sudah disebutkan. This study aims to obtain information and knowledge based on valid or valid, true and reliable data or facts about the role of subjective norms, attitudes and motivations in influencing the intention of visiting back to Kota Tua Wisata Area in Jakarta. This research was conducted for six months from January to June 2017. The research method used is survey method with questionnaire technique. The sampling technique used is the technique of Convenience Sampling. Data collected as many as 240 respondents visitors Old Town Jakarta. The resulting regression equation is Ŷ = 31.264 + 0.685X1 for subjective variable variable, Ŷ = 33,908 + 0.705X2 for attitude variable, Ŷ = 31,685 + 0.705X3 for motivation variable. Test requirements analysis is the normality test by using Kolmogorov Smirnov Test with the test results can be known Asymp value. Sig intention to re-visit the Old City of Jakarta (Y) of 0.071, Asymp value. Sig of subjective norm (X1) of 0.229, Asymp value. Sig attitude of 0.061 and Asymp value. Sig. Motivation of 0.090. Because the data has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. Classic assumption test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed that there is no problem multicollinearity and heteroscedasticity, so it can be said that a good and ideal regression equation can be fulfilled. Then t test and tcount11,975>ttable 1,96 for subjective norm (X1)hence can be concluded result of t test of subjective norm there is positive and significant influence to intention to revisit (Y), tcount11,350>ttable 1,96 for attitude (X2)hence can be concluded result of t test of attitude there is positive and significant influence to intention to revisit (Y), and tcount11,537>ttable 1,96 for motivation (X3)hence can be concluded result of t test of motivation there is positive and significant influence to intention to revisit (Y). Thus, it can be concluded the result of t test calculation is positive and significant. Coefficient of determination obtained by 37,6% for subjective norm, 35,1% for attitude and 35,9% for motivation, this shows variable intention to revisit old city of Jakarta determined by subjective norm, attitude and motivation on things that have been determined.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Usep Suhud, Ph.D. 2). Dita Puruwita, M.Si. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 01:29 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 01:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24074 |
Actions (login required)
View Item |