HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 44 JAKARTA PUSAT

INNA TRI LIANA PUTRI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 44 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI INNA TRI LIANA PUTRI (8135134107) PEND.TATA NIAGA B .pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat pada siswa kelas IX , selama enam bulan terhitung sejak Januari 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan pola asuh dengan prestasi belajar siswa kelas IX di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat.Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMK Negeri 44 Jakarta Pusat.Populasi terjangkau adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi, Pemasaran dan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 211 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik simple random sampling yang diambil secara proposional sebanyak 127 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dengan Y adalah = 68,535 + 0,168X1 Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0666, sedangkan Ltabel untuk n = 127 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0786 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,31< 1,59 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung> Ftabel yaitu, 91,720> 3.91, sehingga dapat disimpulkan bahwa regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,664 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan menghasilkan thitung= 9,918 dan ttabel = 1,66 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,664 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4404 yang menunjukan bahwa 44,04% variabel prestasi belajar ditentukan oleh motivasi belajar. Sedangkan, persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dengan Y adalah = 70,344 + 0,158X2 Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0769, sedangkan Ltabel untuk n = 127 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0786 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,44< 1,59 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung> Ftabel yaitu, 92,258> 3.91, sehingga dapat disimpulkan bahwa regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,676 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan menghasilkan thitung= 10,256 dan ttabel = 1,66 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy= 0,676 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4570 yang menunjukan bahwa 45,70% variabel prestasi belajar ditentukan oleh pola asuh. This research is conducted at SMK Negeri 44 Jakarta Pusat on the eleventh grade students. It is conducted for six month starting from January 2017 until June 2017. The objective of this research is to find out whether there is a correlation or not between learning motivation and parenting with learning achievement of the eleventh grade students at SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. The method applied in this research is survey method and correlational approach. The population which writer took is all students on the eleventh grade at SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. The accessible population is the eleventh grade students majoring Accounting, Marketing, and Office Administration by total 211 students. The writer uses Simple Random Sampling technique and it is proportionally qualified to take 127 students as sample for this research. Regression equation resulted between X1 and Y= 68,535 + 0,168X1 Test requirement analysis is Normality test with p-value regression Y on X1 with Lilliefors results Lcount= 0,0666, whereas Ltable for n = 127 at significance level of 0,05 equals 0,0786 for Lcount < Ltable so p-value Y on X1 is normally distributed. Linear regression test results Fcount < Ftable, it is 1,31 < 1,59. Thus, it is concluded that the regression equation is linear. The regression significance test results Fcount > Ftable, it is 91,720 > 3.91 so the writer concluded that the regression is significant. The correlation coefficient of Product moment by Pearson resulting rxy= 0,664. Then, the writer conduct the of the correlation coefficient test by applying T test and it is resulting tcount= 9,918 and ttable= 1,66. So, it may be concluded that the correlation coefficient rxy=0,664 is positive and significant. R square obtained is 0,4404, representing that 44,04% learning achievement variable is determined by learning motivation. While, the equation of Y= 70,344 + 0,158X2 Test requirement analysis is Normality test with p-value regression Y on X2 with Lilliefors test results Lcount= 0,0769, whereas Ltable for n=127 at significance level of 0,05 equals 0,0786 for Lcount < Ltable so p-value Y on X2 is normally distributed. Linear regression test results Fcount < Ftable, it is 1,44 < 1,59 so that it is concluded that the regression is significant. The correlation coefficient of Product moment by Pearson resulting rxy= 0,676. Then, the writer conducts the regression significance test of the correlation coefficient test by applying T test and it is resulting tcount= 10,256 and ttable= 1,66. So, it may be concluded that the correlation coefficient rxy=0,676 is positive and significant. R square obtained is 0,4570, representing that 45,07% learning achievement variable is determined by parenting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Yohana, MM 2). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:00
Last Modified: 10 Mar 2022 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item