PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK WALISONGO JAKARTA SELATAN

PATIMAH ZAHRO, . (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK WALISONGO JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Patimah Zahro_8105132215_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar, adakah pengaruh antara percaya diri terhadap hasil belajar, serta untuk mengetahui adakah pengaruh minat dan percaya diri terhadap hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis kelas X SMK Walisongo Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan korelasional. . Sampel penelitian merupakan peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Walisongo Jakarta sebanyak 105 orang yang diambil secara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Instrumen dikalibrasi menggunakan validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir diuji dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis regresi berganda. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh masing-masing variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap percaya diri sebesar 16,9%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara percaya diri terhadap hasil belajar sebesar 3,4%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan percaya diri terhadap hasil belajar sebesar 85,9%. Kesimpulannya adalah minat belajar dan percaya diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. This study was conducted to investigate whether or not there is effect of students’ interest on learning outcomes, there is effect of students’ self confidence on learning outcomes, and there is effect among students’ interest and students’ self confidence on learning outcomes. The research method used is survey method by using correlational approach. . The sample of the research is the students of class X Administration Office at SMK Walisongo Jakarta as many as 105 people taken proportional random sampling. Data collection techniques used instruments in the form of questionnaires and documentation. The instrument is calibrated using grain validity and reliability coefficients. Grain validity was tested using Product Moment correlation, while instrument reliability coefficients were tested using Alpha Cronbach. Data analysis technique used is multiple regression analysis. To know whether or not the influence of each research variable is done by using the application program SPSS 21.0. The results showed that: (1) There is a positive and significant influence between learning interest to confidence of 16.9%. (2) There is a positive and significant influence between the confidence to the learning result of 3.4%. (3) There is a significant influence between learning interest and confidence to learning result equal to 85,9%. The conclusion is that interest in learning and confidence together affect the results of learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dedi Purwana, M.Bus 2) Munawaroh, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:54
Last Modified: 10 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item