PENGEMBANGAN HIJAIYAH POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU

ANGGIA KIREINA SUCI, . (2022) PENGEMBANGAN HIJAIYAH POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB I .pdf.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II .pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf.pdf

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk buku pop-up atau buku 3 dimensi yang bernama “Hijaiyah Pop-Up Book” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu kelas III SD. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahap penelitian meliputi (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Evaluasi untuk mengetahui kelayakan media dinilai dari validasi media yang dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli siswa tunarungu serta uji coba lapangan melibatkan siswa tunarungu kelas III SD SLB Negeri 7 Jakarta sebanyak 3 orang siswa. Hasil dari rata-rata keseluruhan adalah media Layak untuk digunakan dengan nilai 72% menurut ahli media, 92,3% menurut ahli materi, dan 70% menurut ahli siswa tunarungu dari nilai maksimal 100%. Uji coba lapangan dilakukan oleh peneliti sebagai guru dalam melakukan pembelajaran mengenal huruf hijaiyah menggunakan Hijaiyah Pop-Up Book. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media Hijaiyah Pop-Up Book mampu membuat siswa tertarik dan antusias pada saat melakukan pembelajaran mengenal huruf hijaiyah sehingga siswa mau mengikuti pembelajaran dengan baik dan penuh perhatian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Hijaiyah Pop-Up Book dapat membantu siswa tunarungu dalam belajar mengenal huruf hijaiyah. Oleh sebab itu, diharapkan guru dan orang tua dapat menggunakan media Hijaiyah Pop-Up Book pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. This research aims to develop a pop-up learning media, called “Hijaiyah Pop-Up Book” on Islamic Education lessons for deaf students in 3rd grade of elementary school. The development model used is ADDIE with 5 stages of development, which are : (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. The evaluation was conducted to know the expediency of the media based on estimation from an expert review conducted by 3 experts including a media expert, a material expert, and deaf students expert, and a field test involving 3 deaf students from the third class of SLB Negeri 7 Jakarta. The result from average the media is Proper to use with the result 72% from media expert, 92,3% from a material expert, and 70% from deaf students expert from the maximal result is 100%. The Field test was conducted by a researcher as a teacher to teach hijaiyah letters using Hijaiyah Pop-Up Book. Field test results revealed that Hijaiyah Pop-Up Book media can make the students excited and show some enthusiasm when learning hijaiyah letters so that students want to join the learning class well and be attentive. The results of this research show that Hijaiyah Pop-Up Book media can help deaf students to learn hijaiyah letters. Therefore, it is hoped that teachers and parents can use Hijaiyah Pop-Up Book media to learn Islamic Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd ; 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14210 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:47
Last Modified: 13 Jun 2022 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item View Item