PENGALAMAN KULIAH DARING DALAM PERSPEKTIF AUTISTIK (Studi Autoetnografi di Universitas Negeri Jakarta)

Heribertus Ryan Agusta Wiratama, . (2022) PENGALAMAN KULIAH DARING DALAM PERSPEKTIF AUTISTIK (Studi Autoetnografi di Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman kuliah daring dalam perspektif autistik bagi saya sendiri dalam mata kuliah Program Studi Pendidikan Khusus Universitas Negeri Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa individu autis yang menempuh kuliah di Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Khusus, yaitu saya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai penyandang autis mengikuti penyelenggaraan kuliah daring lebih fokus daripada mata kuliah yang diselenggarakan secara luring. Dari hasil temuan selama mengikuti kuliah daring, kesimpulan yang didapat adalah materi perkuliahan yang bersifat konsep dan abstrak masih tetap sulit dipahami bagi individu penyandang autis; untuk materi berupa konsep dan abstrak pemahaman oleh individu autis sangat terbantu dengan pembelajaran dengan ditambahkan media video visual berupa animasi dan alat peraga lainnya; dalam penyelesaian tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pada materi pembelajaran praktek mengajar perlu bimbingan dari dosen dan teman-teman satu kelompok dalam pendampingan tugas praktek mengajar pada individu autis; pada prakteknya saya menyelesaikan tugas pembuatan proposal perlu pendampingan khusus dari dosen sehingga sampai 10 kali komunikasi dengan dosen dan kakak senior. Bahwa pertemuan luring masih diperlukan untuk pemahaman materi yang bersifat praktek seperti pembuatan proposal penelitian dan tugas praktek mengajar dan yang tidak kalah penting dengan belajar daring individu autis terbebas dari ketakutan akan perundungan yang kemungkinan terjadi selama di perjalanan maupun di kampus. This study aims to find out the experience of online lectures in an autistic perspective for myself in the Special Education Study Program, State University of Jakarta. The sample in this study was autistic individual students who studied at the State University of Jakarta, Special Education Study Program, namely myself. The research method used is a qualitative ethnographic research method. Data collection techniques were carried out by interview and documentation. The data analysis technique used the technique of reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that as autistic people participating in online lectures is more focused than courses held offline. From the findings during online lectures, the conclusions obtained are that conceptual and abstract lecture materials are still difficult to understand for individuals with autism; for material in the form of concepts and abstracts understanding by autistic individuals is greatly helped by learning by adding visual video media in the form of animation and other teaching aids; in completing the tasks given by the lecturer on teaching practice learning materials, it is necessary to provide guidance from the lecturer and friends in a group in assisting teaching practice assignments for autistic individuals; In practice, when I complete the task of making a proposal, I need special assistance from the lecturer so that up to 10 times I communicate with the lecturer and senior brother. That offline meetings are still needed for understanding practical material such as making research proposals and teaching practice assignments and which is no less important than online learning for autistic individuals to be free from the fear of bullying that might occur while traveling or on campus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.Ed, Ed.D. ; 2). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14051 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:18
Last Modified: 11 Mar 2022 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24255

Actions (login required)

View Item View Item