PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELAS I SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen di SDN Pasar manggis 03)

Karinda Wahyudi, . (2018) PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELAS I SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen di SDN Pasar manggis 03). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (247kB)
[img] Text
4 LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (253kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
11a BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
11b BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
11c BAB III.pdf

Download (582kB)
[img] Text
11d BAB IV.pdf

Download (678kB)
[img] Text
11e BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN 1a INSTRUMEN PENELITIAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN 2 UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN 3a TABULASI DATA HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS DATA.pdf

Download (718kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbicara anak kelas I sekolah dasar di SDN Pasar Manggis 03, Setiabudi, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain True Experimental Design dengan bentuk Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan sampel 64 siswa sekolah dasar yang terdiri dari 32 anak kelas 1A dan 32 anak kelas 1B di SDN Pasar manggis 03 menggunakan nonprobability sampling. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan daftar cek/checklist dengan teknik penilaian skala rating/rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji normalitas menggunakan Uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan Uji Fisher, dan Uji Hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil perhitungan normalitas data dengan menggunakan Uji L diperoleh data kedua kelompok terdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh data kedua kelompok homogen. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 31 diperoleh thitung = 11,21 dan ttabel = 1,69, yang berarti bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan film animasi terhadap kemampuan belajar anak kelas I sekolah dasar pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yuliani Nurani, M.Pd 2) Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 16:08
Last Modified: 19 Dec 2019 16:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item