PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Aidin, Kota Dumai Tahun 2021/2022)

DIANA PUTRI AMALIA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Penelitian dan Pengembangan di TK Islam Aidin, Kota Dumai Tahun 2021/2022). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi pembelajaran gerak dan lagu yang menarik, inovatif, dan efektif bagi anak usia dini.. Media ini dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan aspek literasi dasar pada anak usia 5-6 tahun. Media Pembelajaran Gerak dan lagu ini dikembangkan karena setiap proses kegiatan pembelajaran di pendidikan anak usia dini tidak lepas dari gerak dan lagu, karena gerak dan lagu adalah hal yang menyenangkan dan disukai oleh anak.Hal ini mempermudah pendidik untuk merangsang literasi dasar anak sejak dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan desain pengembangan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah pengembangan media pembelajaran gerak dan lagu, yang dilakukan uji validitas oleh beberapa pakar ahli yaitu PAUD, Musik dan Lagu, serta Gerak. Uji validitas dan reliabilitas pada kisi-kisi instrumen literasi dasar, instrument ini dilakukan pada 15 anak. Setelah itu melakukan uji kelayakan media pada kelompok kecil pada 5 responden,dan kelompok besar 11 responden. Kemudian terakhir melakukan uji efektivitas media melalui perolehan pre-test dan posttest pada 11 responden di satu lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket kisi-kisi instrumen literasi dasar, untuk perkembangan anak, sedangkan untuk kelayakan media atau produk yang dikembangkan juga melalui angket dari para pakar ahli. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai literasi dasar yang signifikan melalui media pembelajaran. Hasil uji efektivitas menjadi dasar penyusunan produk akhir untuk merevisi dan melengkapi kekurangan media pembelajaran gerak dan lagu. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengembangkan literasi lainnya melalui media animasi pembelajaran gerak dan lagu. Kata Kunci: Literasi Dasar Anak Usia Dini, Media Animasi Pembelajaran Anak Usia Dini, Gerak dan Lagu Anak Usia Dini. ********** ABSTRACT This study aims to develop animation media for learning motion and songs that are interesting, innovative, and effective for early childhood. This media was developed to improve the development of basic literacy aspects in children aged 5-6 years. Motion and song learning media were developed because every process of learning activities in early childhood education cannot be separated from motion and song, because motion and song are fun and liked by children. This makes it easier for educators to stimulate children's basic literacy from an early age. This research is a type of development research with ADDIE model development design. The product that was developed based on the initial research was the development of learning media for motion and songs, which were tested for validity by several experts, namely PAUD, Music and Song, and Motion. Test the validity and reliability of the basic literacy instrument grid, this instrument was carried out on 15 children. After that, do a media feasibility test on a small group of 5 respondents, and a large group of 11 respondents. Then the last is to test the effectiveness of the media through the acquisition of pre-test and posttest on 11 respondents in one research location. The data collection technique was carried out using a basic literacy instrument lattice questionnaire, for child development, while for the feasibility of the media or products developed also through questionnaires from experts. Data were analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed that there was a significant increase in the value of basic literacy through learning media. The results of the effectiveness test became the basis for the preparation of the final product to revise and complete the lack of movement and song learning media. Further research can be done to develop other literacy through animation media for learning motion and songs. Keywords: Early Childhood Basic Literacy, Early Childhood Learning Animation Media, Early Childhood Movement and Song.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Dr. Tjipto Sumadi, M.Si, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13320 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:33
Last Modified: 14 Mar 2022 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24287

Actions (login required)

View Item View Item