SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM ABU DZAR TANGERANG SELATAN

NUR AULIA RAHMAH, . (2022) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM ABU DZAR TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi kepala sekolah pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan selama bulan Mei 2021 – September 2021. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan juga guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan supervisi akademik pada masa pandemi Covid-19 di SD Islam Abu Dzar dimulai dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademik (RPSA) secara daring yang bertujuan untuk menyusun jadwal kegiatan, guru yang akan disupervisi, dan juga isntrumen supervisi akademik Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang selanjutnya disosialisasikan dalam rapat kerja secara online dan juga whatsapp group. (2) pelaksanaan yang dilakukan dimulai dengan mengingatkan kembali jadwal supervisi akademik kepada guru yang akan disupervisi. Lalu, kepala sekolah melakukan pertemuan awal secara daring dengan guru untuk menanyakan persiapannya, melakukan pengamatan dengan teknik kunjungan dan observasi kelas, dan melakukan pertemuan kembali secara daring untuk menanyakan kesan guru setelah melaksanakan pembelajaran online, serta memberikan umpan balik kepada guru yang sudah disupervisi. (3) Tindak lanjut dari hasil pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh kepala SD Islam Abu Dzar Tangerang Selatan melalui penyampaian berbagai hasil yang didapatkan oleh para guru baik kelebihan maupun juga kekurangannya. Dengan adanya penyampaian hal tersebut maka para guru akan lebih memahami kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Berdasarkan hal itu maka kepala sekolah memberikan tindak lanjut secara langsung dalam bentuk pemberian arahan, masukan serta motivasi kepada para guru agar dapat meningkatkan lagi kualitasnya sebagai pendidik dalam pembelajaran selanjutnya. Kepala sekolah juga memberikan izin dan informasi terkait pelatihan, seminar, workshop untuk para guru. This research aims to learn about the school principal's supervision of the Covid-19 pandemic in the South Tangerang Abu Dzar Islamic Elementary School. In this research, researchers use a qualitative approach to descriptive methods. This research was conducted at South Tangerang Abu Dzar Islamic Elementary School during May 2021 – September 2021. The informant in this research is the principal, the vice-principal of the curriculum, and the teacher. Data gathering techniques in this research use interviews, observations, and documentation studies. Research results show that: (1) the planning of academic supervision during the Covid-19 pandemic in Abu Dzar Islamic Elementary School begins with the elaboration of a plan for the implementation of academic supervision in a broad sense aimed at setting up a schedule of activities, which teachers to be supervised, and also the instrument of academic supervision of e-learning which then socialized in an online working meeting and also WhatsApp group. (2) The implementation begins with the re-emphasis on the academic supervision schedule of the teachers to be supervised. Then, the principal held an initial meeting with the teacher to ask for his preparation, observe with visiting techniques and classroom observation, and hold a regular meeting to ask the teacher's impression after doing online study and give feedback to the supervised teacher. (3) Follow-up of the results of the academic supervision of the Covid-19 pandemic by the head of the Abu Dzar Islamic Southern Tangiers through the transmission of the different results obtained by the teachers, both excess and deficiency. If not, the teachers will understand the advantages and disadvantages of what they have. The principal then provides the teachers with a direct follow-up in instruction, input, and motivation to improve their quality as educators in the following study. The principal also gives permission and information related to training, seminars, workshops for teachers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Zulaikha, S. Ag., M.Pd ; 2). Dimas Kurnia Robby, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 14352 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 23:47
Last Modified: 14 Mar 2022 23:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24323

Actions (login required)

View Item View Item