PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN PPKN KELAS II SEKOLAH DASAR

SITI NURHALIZA, . (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN PPKN KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik multimedia untuk pembelajaran PPKn kelas II sekolah dasar. Jenis model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yakni, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini yaitu tiga belas peserta didik kelas II sekolah dasar, dan tiga orang ahli yakni ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKPD elektronik multimedia pada tahap expert review untuk uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat baik, uji ahli materi mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan uji ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Kemudian hasil uji coba lapangan pada tahap one to one mendapatkan persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik, pada tahap small group mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan pada tahap field test mendapatkan persentase sebesar 97% dengan kriteria sangat baik, sehingga secara keseluruhan mendapat nilai rata-rata sebesar 95% yang berarti kelayakan LKPD termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Oleh karena itu, LKPD elektronik multimedia ini dapat dikatakan valid dan layak digunakan untuk pembelajaran PPKn di kelas II sekolah dasar. This research and development aims to produce multimedia electronic student worksheet for civics learning in second grade elementary schools. The type of model used in this research is the ADDIE development method which consist of five stage of development, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The techniques of collecting data used in this research are observation, interviews, and questionnaires. The respondents in this development were thirteen second grade elementary school students, and three experts, namely media experts, material experts, and language experts. The results indicate that electronic student worksheet with multimedia content at the expert review stage for the media expert test got a percentage of 96% with very good criteria, the material expert test got a percentage of 94% with very good criteria, and the linguist expert test got a percentage of 96% with very good criteria. Then the results of field trials at the one to one stage get a percentage of 92% with very good criteria, at the small group stage get a percentage of 94% with very good criteria, and at the field test stage get a percentage of 97% with very good criteria, so overall it gets an average score of 95% which means the eligibility of LKPD included in the very good criteria. Therefore, this multimedia electronic student worksheet can be said to be valid and feasible to use in civics learning in second grade elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14394 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 23:54
Last Modified: 14 Mar 2022 23:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24325

Actions (login required)

View Item View Item