MODEL MEDIA DIGITAL MOTION COMIC DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB

NADYA PARAMITHA, . (2022) MODEL MEDIA DIGITAL MOTION COMIC DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) yang mengacu pada model Borg & Gall yang dapat mendukung pembuatan produk media pembelajaran agar memudahkan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa arab serta untuk mengetahui kelayakan produk. Penelitian dan pengembangan ini dibatasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah, yang meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, desan dan pengembangan, uji coba produk terbatas, revisi produk, validasi dan terakhir implementasi produk. Instrumen yang digunakan berupa angket skala likert dalam bentuk google form. Data dianalisis berupa data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli media dah respon peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Jakarta. Peneliti mendesain produk menggunakan aplikasi Canva dan Kine Master. Hasil dari peneltian dan pengembangan produk media pembelajaran komik digital bahasa arab menunjukan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk dijadikan sebagai salah satu model atau rujukan dalam pembelajaran setelah melalui tahap validasi para ahli dan uji coba terhadap peserta didik. ******************** This study aims to develop digital comic media for learning Arabic speaking skills at SMK Muhammadiyah 1 Jakarta by using the Research and Development (RnD) research and development method which refers to the Borg & Gall model which can support the manufacture of learning media products to make it easier for educators and participants. students in the learning process, especially in Arabic subjects and to determine the feasibility of the product. This research and development is limited from ten steps to seven steps, which include needs analysis, planning, design and development, limited product testing, product revision, validation and finally product implementation. The instrument used is a Likert scale questionnaire in the form of a google form. The data were analyzed in the form of qualitative and quantitative data from material experts, media experts and the responses of class XI students at SMK Muhammadiyah 1 Jakarta. Researchers design products using Canva and Kine Master applications. The results of the research and development of Arabic digital comic learning media products show that the product developed is feasible to be used as a model or reference in learning after going through the validation stages of experts and testing on students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 13730 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:12
Last Modified: 18 Mar 2022 07:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24350

Actions (login required)

View Item View Item