NURLITA AMELIA, . (2017) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 11 DAN SMKN 13 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_NURLITA AMELIA_8105133120_PendAkuntansi2013.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian dilakukan di SMKN 11 dan SMKN 13 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMKN 11 dan SMKN 13 yang berjumlah total 169 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 114 siswa. Untuk menjaring data dari ketiga variabel menggunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk minat berwirausaha (Variabel Y) dan lingkungan keluarga (Variabel X2), sedangkan untuk pengetahuan kewirausahaan (Variabel X1) menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, tingkat signifikansi variabel pengetahuan kewirausahaan sebesar 0,057, lingkungan keluarga sebesar 0,200, minat berwirausaha sebesar 0,095. Tingkat signifikansi>0,05, maka data berdistribusi normal. Pengujian linearitas dilakukan dengan menggunakan Test for Linearity. Signifikansi untuk variabel X1 dan Y sebesar 0,000 dan untuk variabel X2 dan Y sebesar 0,000, taraf signifikansi <0.05 maka data linear. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ=47,873+2,238 X1+0,232 X2. Dari perhitungan uji t pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha didapat thitung (8,695) > ttabel (1,983), uji t pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha didapat thitung (4,727) > ttabel (1,983), maka pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan uji F didapat Fhitung(66,847) > Ftabel(3,08), maka pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai R sebesar 0,739. Hal ini menunjukkan keeratan dari ketiga variabel tergolong kuat. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 54,6% sehingga kemampuan dari variabel pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga untuk menjelaskan minat berwirausaha secara simultan sebesar 54,6%. The aim of this research is to get knowledge by using empirical data and facts are valid and reliable to determine the influence of Entrepreneurial Knowledge and Family Environment to Interest of Entrepreneurship Students. This research conduct at SMK Negeri 11 and SMK Negeri 13 Jakarta. The research method use is survey method. The population in this study is students class XI majoring in Accounting at SMK Negeri 11 and SMK Negeri 13 as many as 169 people. The sampling technique in this study is proportionate stratified random sampling and the sample used as many as 114 people. To get data from three variables, reseachers using likert scale model for Interest of Entrepreneurship (variable Y) and Family Environment (variable X2), while for Entrepreneurial Knowledge (Variable X1) using multiple choice test. Test for normality is using Kolmogorov Smirnov test, level of significance of entrepreneurial knowledge is 0,057, family environment is 0,200, interest of entrepreneurship is 0,095. Level of significance>0.05, then the data is normally distributed. Linearity test is done by using Test for Linearity. Significance for variables X1 and Y is 0.000 and for variables X2 and Y is 0,000, Level of significance < 0.05 then the data is linear. Regression equation in this research is Ŷ= 47,873 + 2,238 X1 + 0,232 X2. From the t-test calculation, the influence of entrepreneurial knowledge to interest of entrepreneurship is tcount (8,695) > ttable (1,983), t-test calculation the influence of family environment to interest of entrepreneurship is tcount (4,727) > ttable (1,983), entrepreneurial knowledge and family environment partially influence to interest of entrepreneurship. Based on F-test obtained Fcount (66,847) > Ftable (3.08), then entrepreneurial knowledge and family environment together have positive effect to interest of entrepreneurship. Results of correlation coefficient test obtained R value of 0.739. This shows the closeness of the three variables are strong. The result of determination coefficient test obtained is 54,6% so that ability of entrepreneurial knowledge and family environment to explain interest of entrepreneurship simultaneously equal to 54,6%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Zulaihati, M,Si 2) Susi Indriani, SE, M.S.Ak |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:08 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24415 |
Actions (login required)
View Item |