GAMBARAN KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI JAKARTA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

PUTRI ILMA MUAAFII, . (2022) GAMBARAN KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI JAKARTA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian skripsi ini, dilakukan untuk mengetahui gambaran kejenuhan belajar pada peserta didik SMP Negeri Jakarta selama masa pandemi covid-19. Sampel penelitian ini berjumlah 230 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kejenuhan belajar dengan empat aspek yaitu, kelelahan emosional, kelelahan fisik, kelelahan kognitif, dan kehilangan motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 7,4% peserta didik SMP Negeri Jakarta memiliki kejenuhan belajar yang sangat tinggi, 19,1% peserta didik memiliki kejenuhan belajar tinggi, 43% peserta didik memiliki kejenuhan belajar sedang, 24,8% peserta didik memiliki kejenuhan belajar rendah, dan 5,7% peserta didik memiliki kejenuhan belajar sangat rendah dengan rata-rata skor 148. Hasil ini menggambarkan peserta didik cukup mampu untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dimilikinya walaupun timbul perasaan malas belajar, peserta didik berusaha untuk memperbaiki nilai pelajaran yang tidak memuaskan, peserta didik mudah melupakan pelajaran yang diterangkan guru namun memiliki kemauan untuk bertanya dan masih memiliki harapan sukses dalam belajar. ***************************** The research aimed to observe the description of learning saturation in Jakarta State Junior High School students during the covid-19 pandemic. The sample of this study amounted to 230 respondents. Sampling used a proportionate stratified random sampling technique. The approach used in this research is a quantitative approach with a survey method. Collected by using a questionnaire of learning saturation consist of four aspects, scilicet, emotional exhaustion, physical exhaustion, cognitive fatigue, and loss of motivation. The overall response to the survey indicates that 7.4% of students at SMP Negeri 40 Jakarta have very high learning saturation, 19.1% of students have high learning saturation, 43% of students have moderate learning saturation, 24.8% of students have low learning saturation, and also 5.7% of students have very low learning saturation with an average score of 148. These results illustrate that students are quite capable of overcoming their learning saturation even though they feel shiftless to study, students try to improve displeasing lesson scores, then students easily forget the lessons explained by the teacher but have the willingness to ask questions and still have hope of success in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Rifqy AS, S.Pd.,M.Pd. 2). Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14448 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 05:12
Last Modified: 15 Mar 2022 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item View Item